Nasional

Perusahaan Angkutan Daring Diberi Waktu Dua Bulan Daftar Resmi

Pemerintah Kembali Tangguhkan Peraturan Sopir Daring CNN Indonesia

Pemerintah Kembali Tangguhkan Peraturan Sopir Daring CNN Indonesia

Kementerian Perhubungan menargetkan, perusahaan angkutan berbasis aplikasi daring (online) dalam dua bulan akan menjadi perusahaan transportasi resmi. Menteri Perhubungan (Menhub) meminta penyedia jasa angkutan daring segera mendaftar, agar kementerian memiliki otoritas atas layanan mereka. Menhub juga mengatakan, perusahaan harus mengubah status driver dari sekadar mitra menjadi pegawai. Apakah akan ada pemasukan pajak baru dari driver yang digaji?

“Sejauh ini kami mengalami kesulitan mengawasi perusahaan karena mereka tidak terdaftar sebagai perusahaan transportasi,” kata Menhub, Budi Karya Sumadi, Minggu (1/4/2018). Dikutip dari situs Kompas, perusahaan angkutan berbasis aplikasi daring saat ini berada di bawah pengawasan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Di Indonesia saat ini terdapat perusahaan angkutan penumpang daring, yakni Go-Jek dan Grab. Sementara itu Uber, yang sebelumnya juga beroperasi secara lokal, telah menggabungkan operasionalnya di Asia Tenggara kepada Grab. Perusahaan sejenis Gojek asal Amerika ini tidak akan beroperasi lagi mulai 9 April.

Postcomended   Indonesia Bisa Bikin Status Pelabuhan Transito Singapura Tinggal Mimpi

Karena model bisnis mereka berbeda dibanding perusahaan transportasi konvensional, Budi mengatakan kementerian akan memperlakukan perusahaan angkutan daring ini juga secara terpisah.

Baru-baru ini, Budi menanggapi protes yang dilakukan pengemudi ojek online (ojol) mengenai tarif rendah yang telah ditetapkan perusahaan ojol. Pengemudi ojol mengatakan, tarif yang ditetapkan perusahaan start-up mereka itu berdampak negatif terhadap pendapatan mereka.

Presiden Joko Widodo yang menerima perwakilan sopir yang melakukan unjuk rasa, telah menginstruksikan Departemen Perhubungan untuk menengahi para pengemudi ojol dengan perusahaannya itu.

Pada kesempatan sama, Budi juga mengatakan kementerian akan merevisi Peraturan Menteri Perhubungan No. 108/2017 tentang transportasi umum non-rute untuk mengakomodasi kebijakan baru. Di bawah sistem yang baru, pengemudi ojol yang saat ini diperlakukan sebagai mitra perusahaan, akan menjadi karyawan formal. Jika itu artinya para penemudi ojol digaji resmi, apakah berarti akan ada pemasukan pajak baru dari gaji mereka?

Postcomended   Cina Membuat Kim Jong Un Berjanji Melakukan Denuklirisasi

Pada 2015, Direktur Jenderal/Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, Sigit Priadi Pramudito, mengungkapkan bahwa potensi penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) dari layanan angkutan berbasis aplikasi online cukup besar.

Jika ribuan pengemudi daring ini dipungut PPh dari hasil pemotongan gajinya, maka negara akan mendapat tambahan penerimaan pajak. Semua orang yang memperoleh penghasilan, kata Dirjen, harus setor pajak, entah melalui perhitungan perusahaan dan lainnya.

 

#startup #online #uber #gojek #startuplife #onlinegaming #lyft #gofood #entrepreneurship #ubercode #instagamer #playinggames #videogameaddict #instagame #entrepreneur #instagaming #businessman #business #onlineshopping #gamestagram #lyftcode #startups #games #gamin #entrepreneurlife #entrepreneurs #gamerguy #videogames #businessowner #businesswoman #gaming #gamergirl #lyftpromocode #marketing #gamer #playing #uberpromocode #uberride #shop #uberfree #ps4 #success #kulinerjakarta #winning #successful #rideshare #hustle #lyftride #lyftfree #dogers #staduim #caltrain #bo3 #game #digitalmarketing #successquotes #play #olshop #store #sidecar #entrepreneurlifestyle #gtav #ceo #gta #onlinestore #ambition #igaddict #callofduty #motivational #businesslife #money #uberx #onlinebusiness #grind #freeuber #traffic #smallbusiness #siliconvalley #branding #onlinemarketing #giants #bart #49ers #uberla #socialmedia #uberpromo #wealth #anakjajan #sharks #promocode #freeuberride #ubernyc #ubereats #oakland

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top