#PesonaIndonesia

Pesan-dalam-Botol Tertua Ditemukan di Pantai Australia

Pesan Tertua dalam Botol Tertua di Dunia Ditemukan di Pantai ... TribunTravel.com - Tribunnews.com Pesan Tertua dalam Botol Tertua di Dunia Ditemukan di Pantai Australia, Sudah Berumur Ratusan Tahun

Pesan Tertua dalam Botol Tertua di Dunia Ditemukan di Pantai … TribunTravel.com – Tribunnews.com Pesan Tertua dalam Botol Tertua di Dunia Ditemukan di Pantai Australia, Sudah Berumur Ratusan Tahun

Seorang perempuan Australia telah menemukan pesan-dalam-botol tertua di dunia, yakni yang 132 tahun silam dilemparkan ke laut. Tonya Illman mendapati botol separuh tertanam di pasir di pantai Australia Barat, di utara Pulau Wedge, 180 kilometer dari Perth.

Pesan bertanggal 12 Juni 1886 dilontarkan ke Samudra India dari kapal layar Jerman, Paula,  yang sedang bertolak dari Cardiff, Wales, menuju Makassar di Hindia Belanda [sekarang: Indonesia]. Botol itu satu dari ribuan yang dicampakkan ke laut   sebagai  bagian dari percobaan panjang, sudah berlangsung 69 tahun,  Jerman  tentang arus global, untuk mengetahui  rute pelayaran tercepat, demikian menurut ahli dari Museum Australia Barat yang dikutip CNN.

Sebelumnya rekor tertua pesan-dalam-botol adalah 108 tahun: 4 bulan dan 18 hari dari catatan terbaik dari yang terdahulu. Para ahli Jerman dan Australia telah memgkonfirmasi keaslian temuan terbaru.

Postcomended   Sejarah Penjelajahan Christopher Columbus

Illman mendapati botol dekat mobil putranya yang terjebak di pasir lembut pantai. “Teman saya, Grace Ricciardo, dan saya sedang berjalan melewati  bukit pasir ketika melihat sesuatu yang menyembul di pantai. Saya kemudian memeriksanya,” kata Illman seperti dikutip petugas museum.

“Penampakannya seperti botol tua yang cantik. Saya ambil karena saya pikir akan bagus kalau ditaruh di rak buku. Pacar anak saya, teman saya menemukannya. Ia yang membersihkan pasirnya, Tulisannya sudah kabur, digulung dan diikat dengan kawat. Kami membawanya dan mengeringkannya. Ketika membukanya kami melihat: ia dicetak di Jerman, bertulisan tangan Jerman yang sangat lembut,” lanjutnya.

Illman membawa temuan mereka ke museum. Otoritas di sana menyatakan:  botol itu wadah minuman ginBelanda abad ke-19, kertas dan tinta warnanya juga dari era yang sama, dan kapal layar Paula bertolak dari Cardiff ke Makassar tahun 1886.

Postcomended   Uber Indonesia Terbelit Kasus Suap kepada Polisi

“Sulit dipercaya, dalam pencarian arsip di Jerman ditemukan Jurnal Meteorologi asli Paula, dan ada catatan pada  12 Juni 1886 yang dibuat kapten, bahwa botol telah dilemparkan dari dalamnya,” ucap Ross Anderson, asisten kurator Arkeologi Kelautan. “Tanggal dan koordinatnya cocok betul dengan yang tertulis di kertas dalam botol.”

Dari semua botol yang dilemparkan dari dalam kapal saat percobaan oseanografi, 663 pesan yang diselipkan di dalamnya telah dikembalikan ke Hamburg. Tinggal 1 lagi yang belum yakni yang ditemukan di Pulau Wedge barusan.

Share the knowledge

Pages: 1 2

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top