Hercules “hadiah” dari JFK (https://services.gardanasional.id/fileload/c-130-tnijpg_iv8Oe.jpg)

Berniat dimuseumkan di Jogjakarta, satu dari 10 pesawat Hercules “hadiah” dari Presiden Amerika Serikat (AS) John F Kennedy (JFK) kepada Presiden Sukarno, tersangkut di Jembatan Presiden Suharto, di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (27/9/2017). Pesawat ini sedang dalam perjalanan dari Bandung menuju Jogjakarta menggunakan truk tronton.

Menurut liputan KompasTV, kerusakan Hercules bersejarah ini cukup parah yakni di bagian kabin pilotnya. Stasiun televisi ini menyebut Hercules ini adalah Hercules-01 pemberian JFK.

Kapan tepatnya JFK “menghadiahkan” pesawat Hercules kepada Indonesia? Dikutip dari Detikcom, kehadiran pesawat Hercules di Indonesia tak lepas dari peran Bung Karno.

Penyebabnya, JFK ingin berterimakasih karena telah membebaskan seorang agen CIA, Allan Pope, yang pesawatnya ditembak jatuh pilot Indonesia dalam peristiwa pemberontakan PRRI-Permesta.

Postcomended   Kemesraan Trump dan Putin Patahkan Hati Pemberontak Suriah

Pope ditembak jatuh dalam duel udara dengan Kapten Udara Penerbang Ign Dewanto. Pope selamat dan sempat ditahan oleh pasukan Indonesia.

Kala itu JFK menawari Bung Karno hadiah atas pembebasan Pope. Dikutip Detikcom dari buku “Hercules sang Penjelajah” yang diterbitkan oleh Skadron 31; kesatuan khusus yang menangani pesawat Hercules di Indonesia, peristiwa ini terjadi pada akhir 1959, saat Bung Karno melakukan kunjungan kenegaraan ke AS.

Mendapat tawaran itu, Bung Karno teringat bahwa Angkatan Udara sebagaimana disampaikan Menteri/Pangau, Laksamana Udara Suryadarma, sudah lama membutuhkan pesawat angkut dan merencanakan membeli pesawat Hercules.

Bung Karno pun mengutarakan rencananya itu. “Saya pernah dengar yang namanya pesawat Hercules, seperti apa ya bentuknya?” JFK pun mengajak Bung Karno jalan-jalan ke pabrik Lockheed. Indonesia pun diizinkan membeli 10 pesawat C-130 Hercules tipe B yang terdiri dari 8 pesawat kargo dan 2 pesawat tanker beserta suku cadang dan peralatan lainnya.

Postcomended   Perempuan Berpakaian Minim Hebohkan Arab Saudi

“Hadiah” dari JFK ini membuat Indonesia menjadi negara pertama di luar AS yang mengoperasikan C-130. Dilansir situs Metrotvnews, ke-10 pesawat ini diterbangkan secara ferry ke Tanah Air langsung oleh pilot dan awak AURI.

Seperti diketahui, pesawat Hercules yang jatuh di Medan pada Juni 2015, adalah salah satu dari 10 pesawat “hadiah” JFK tersebut.***