A supersonic jet faster than the Concorde will get public design debut in Centennial – The Denver Post denverpost.com630 × 420Search by image If all goes well, Boom’s passenger supersonic jet could fly its first paying customers in the 2020s.

A supersonic jet faster than the Concorde will get public design debut in Centennial – The Denver Post denverpost.com630 × 420Search by image If all goes well, Boom’s passenger supersonic jet could fly its first paying customers in the 2020s.

Sejak Concorde terbang untuk kali terakhir di tahun 2003, ada petunjuk bahwa perjalanan udara supersonik dapat kembali ke industri penerbangan komersial. Hal itu memungkinkan ketika perusahaan produksi pesawat Boom Supersonic mengaku sudah menerima 76 pesanan di muka untuk pesawat supersonik Boom XB-1.

The Market Mogul melaporkan, pesawat tersebut akan menampung 55 penumpang sengan suara mesin jauh lebih sunyi dari pesawat supersonik sebelumnya. Untuk keperluan ini, Boom Supersonic mengaku telah berbicara dengan 20 maskapai penerbangan lainnya.

Postcomended   Diberi Nama Nurtanio, N219 Akan Dijual di Kisaran 6 Miliar

Perusahaan berharap akan menguji versi Boom XB-1 yang lebih kecil pada akhir 2018 dan segera memiliki pesawat ukuran penuh yang diharap sudah bisa beroperasi pada 2025.

Dengan kecepatan lebih dari 1.687 mil per jam, Boom XB-1 dapat melakukan perjalanan dari London ke New York dalam waktu sekitar tiga jam 15 menit.

Masih ada beberapa pertanyaan yang tersisa. Perjalanan udara supersonik ilegal di Amerika Serikat (AS), yang akan membatasi penerbangan internasional pesawat tersebut.

Selain itu, tarifnya yang mahal –bisa menghabiskan ribuan dolar– telah lama membuat perjalanan supersonik tidak terjangkau bagi kebanyakan konsumen.Tidak ada indikasi sejauh ini bahwa Boom XB-1 akan memecahkan masalah ini.

Richard Branson's Supersonic Airplane Plans Caribbean Journal950 × 530Search by image

Richard Branson’s Supersonic Airplane Plans Caribbean Journal950 × 530Search by image

Pesawat supersonik komersial pertama, Concorde, diluncurkan pada 1969. Ia mampu memotong waktu penerbangan internasional hingga setengahnya, namun menimbulkan pro-kontra karena “ledakan sonik” yang dihasilkannya mengganggu orang-orang yang berada di bawah jalur penerbangannya.

Postcomended   Istri Temukan Suaminya Selingkuh, Qatar Airways Terpaksa Mendarat Darurat

Pada 25 Juli 2000, Concorde Air France jatuh di Gonesse, Prancis, sesaat setelah lepas landas dari bandara Charles de Gaulle, Paris, menuju bandara John F. Kennedy, New York. Kecelakaan ini menewaskan 113 penumpangnya, dan langsung menurunkan jumlah permintaan penerbangannya.

Satu-satunya kecelakaan fatal yang melibatkan Concorde, namun cukup membuat Air France dan British Airways pafa 2003 mengakhiri penerbangan supersonik dalam armadanya.(***/businessinsider/cnn)

Boom Technology XB-1 Supersonic Demonstrator The Future Is ... YouTube1280 × 720Search by image Boom Technology XB-1 Supersonic Demonstrator The Future Is Supersonic HD - YouTube

Boom Technology XB-1 Supersonic Demonstrator The Future Is … YouTube1280 × 720Search by image Boom Technology XB-1 Supersonic Demonstrator The Future Is Supersonic HD – YouTube

 

Postcomended   Memprihatinkan Ketika Teriakan "Allahu Akbar" Menakutkan Sekaligus Menjadi Lelucon

Share the knowledge