Sejumlah benda “aneh” atau yang tidak berkaitan dengan tes CPNS, ditemukan saat panitia seleksi melakukan body check terhadap peserta (kredit: Instagram @bkngoidofficial)

Kepastian gaji dan adanya jaminan masa pensiun membuat minat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) masih saja tinggi. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mencatat, untuk perekrutan PNS 2017, tercatat jumlah peserta tes tahap kedua saja mencapai 3,5 juta orang. Demi menjadi PNS, orang bersedia menyogok hingga jutaan rupiah, bahkan dengan risiko tertipu. Yang tak kalah mencengangkan, negeri yang katanya religius ini masih saja percaya pada hal-hal mistis atau klenik. Dalam proses perekrutan calon PNS (CPNS) yang berlangsung beberapa hari ini, panitia menemukan sejumlah benda yang diduga jimat.

Peserta tes yang membawa jimat tercatat terjadi pada perekrutan di Yogyakarta dan di kota lain di Sumatera dan Kalimantan. Di Palembang misalnya, seorang peserta membawa benda berupa gulungan kain. Seorang peserta di Yogyakarta mengaku mengenakan gelang sebagai jimat.

Postcomended   Sekali Dayung, Jack "Alibaba" Ma Dapat Tokopedia dan Digaet Pemerintah Indonesia

Akun-akun media sosial resmi BKN memposting sejumlah gambar hasil sitaan dari oara peserta tes. Pada Jumat (29/9/2017), akun Instagram @bkngoidofficial mengunggah foto benda yang disebut sebagai “tali pocong”, menyusul unggahan pada dua hari sebelumnya yang memperlihatkan benda-benda aneh yang dibawa peserta.

Postcomended   Pensiun dari Olimpiade, Phelps Balapan dengan Hiu Putih

Sejumlah akun mengomentari postingan tersebut. Akun @fuadthm berkomentar: jimat nya ngerti pancasila dan uud. Akun @fr_siddik menulis: Musyrik ketemu syirik gini nih. Akun @crystal_muda menulis: Namanya ihtiar itu min… Akun @ummusalamah23 berkomentar: Wkwkwk.. Come on! 2017 nih masih aje hahaha ngakak maksimal.

 

Kasubag Hubungan Media dan Antar Lembaga BKN, Diah Eka Palupi, kepada CNNIndonesia, Selasa (26/9/2017) mengungkapkan, jimat-jimat ini ditemukan saat panitia melakukan body check terhadap para peserta. Hal ini merupakan bagian prosedur penyitaan barang yang tidak berhubungan dengan tes.

Postcomended   Gempa Jepang: Suaranya Terdengar hingga Batas Angkasa

Beberapa tidak mengakui bahwa benda-benda yang dibawanya sebagai jimat meskipun tidak berkaitan dengan tes CPNS.

Kendati stigma PNS masih juga kurang baik, selain dari sisi jumlahnya yang melebihi kebutuhan dan menyedot APBN paling besar, juga kinerjanya dianggap standar, toh adanya kepastian gaji dan jaminan masa pensiun membuat pekerjaan sebagai PNS masih diburu, termasuk oleh lulusan-lulusan perguruan tinggi ternama.

Saking membludaknya jumlah PNS dari tahun ke tahun, pemerintah sempat memberlakukan moratorium penerimaan CPNS.

Share the knowledge