Peta Cuaca Australia Menghitam, Apa yang Terjadi?

Internasional
Share the knowledge

 

https://www.abc.net.au/news/2018-01-05/hume-freeway-melts-in-heat-in-victoria/9307344
Aspal meleleh seiring suhu panas yang meningkat di Australia, terekstrem sejak 1939 (gambar dari: abc.net.au)

Peta cuaca Australia telah berubah menjadi hitam dan ungu gelap di beberapa tempat. Kondisi ini disebut paling ekstrem sejak terjadi pada era Perang Dunia II. Pihak berwenang Australia menyatakan, ini akan menimbulkan kondisi yang sangat menindas bagi warga Australia.

Belahan Kutub Selatan sedang mengalami musim panas, namun saat ini sedang terjadi kondisi panas yang paling ekstrem sejak 1939. Kondisi berangin telah menjangkiti pantai timur sejak Selasa pekan lalu (15/1/2019), dengan suhu di New South Wales melebihi 41C untuk sebagian besar minggu ini.

Dalam visual tajam yang menunjukkan tingkat keparahannya, satu peta cuaca menunjukkan sebagian besar timur negara itu berubah menjadi hitam dan ungu. Kedua warna ini menandakan suhu yang meningkat.

Kondisi ini mengakibatkan Port Augusta di Australia Selatan, sekali lagi akan menjadi salah satu tempat terpanas di dunia dengan kota pantai ini akan mencapai suhu 46 derajat Celcius (C) pada Kamis depan. Sydney yang terkenal selalu sejuk saja, kini suhunya akan berkisar sekitar 30C sepanjang minggu, sementara Melbourne diperkirakan pada suhu 34 C pada Kamis.

Warga Adelaide akan dipanggang dengan suhu tertinggi 40C, sementara penduduk Perth masih dapat merasakan penangguhan hukuman karena cuaca yang konsisten di pertengahan hingga tertinggi pada 20-an Celcius.

Postcomended   Hari Ini 129 Tahun Silam "Kodak" Dipatenkan: "You Press the Button, We Do the Rest"

Ribuan orang berbondong-bondong menuju pantai-pantai indah di negara itu selama seminggu ini dalam upaya untuk melepaskan diri dari panas terik. Cuaca panas terbukti terlalu tinggi untuk Okley Highway dekat Wauchope, satu kota di kawasan pantai utara New South Wales (NSW), di mana aspal digambarkan meleleh di bawah terik matahari.

Dewan Walcha, yang mencakup sudut paling tenggara di wilayah New England, mengatakan kepada The Macleay Argus bahwa mereka akan menggunakan kereta air untuk mendinginkan jalan.

Lembaga Pelayanan Maritim dan Jalanan menyatakan bahwa NSW yang dilanda kekeringan mengalami kelangkaan air, padahal  diperlukan pada aspal untuk memastikan keselamatan pengendara dan menjaga agar jalan tetap dibuka. Taman bermain juga menjadi berbahaya, dengan peralatan main yang terbuat dari logam terlalu panas untuk dipegang anak-anak.

Nicky Tongapijit mengatakan kepada ABC News bahwa dia tidak bisa mengambil risiko anak-anaknya bermain di taman dalam kondisi seperti ini. “(Perosotan) ini sangat panas, akan membakar pantat mereka,” katanya.

Suhu Sydney telah membengkak melebihi 40C selama lima hari terakhir, yang terjadi untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Terakhir kali Australia mengalami gelombang panas seperti minggu ini adalah pada 1939. “Jika melihat suhu maksimum rata-rata di New South Wales, kemungkinan ini akan menjadi peristiwa panas paling signifikan sejak 1939,” kata juru bicara Biro Meteorologi Australia kepada Daily Mail Australia.

“Kita hanya berbicara tentang NSW (bukan Australia keseluruhan), dan ini adalah suhu maksimum rata-rata di seluruh negara bagian. Beberapa daerah belum terlalu terpengaruh oleh panas,” kata dia. Pada tengah hari Rabu (16/1/2019), merkuri telah melonjak melampaui 45C di sebagian besar barat tengah NSW dan pada pukul 3 sore, wilayah-wilayah seperti Wilcannia, Mulurulu, Ivanhoe, dan Hay berada di atas 47C.

Postcomended   Pelaku Kejahatan Rasial Paling Mengerikan dalam Sejarah Modern AS Disuntik Mati

Negara ini mengalami sedikit bantuan selama akhir pekan dengan suhu yang sedikit menurun, tetapi gelombang panas kedua akan mulai membuat jalannya di seluruh negeri pada Senin (21/1/2019). Perth akan menjadi yang pertama mengalami suhu yang melonjak sebelum secara bertahap menuju ke timur negara itu.

Kepala pemantauan iklim di Biro, Dr Karl Braganza, mengatakan, kurangnya hujan pada 2017 dan 2018 telah menyebabkan kondisi kekeringan di seluruh Australia. “Kekeringan ini berada di samping kekeringan bersejarah, seperti kekeringan Federasi, kekeringan Perang Dunia II, dan periode kekeringan pada 1960-an,” kata Dr Braganza kepada ABC.

Peramal biro Meteorologi, Diana Eadie, mengatakan, temperatur naik dari delapan ke 12C lebih tinggi dari rata-rata minggu ini. Kelembaban dan suhu terasa seperti akan membuat kondisi yang sangat menindas.***


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work