Anggota DPRD DKI: Saya Minta Mobil Dinas Segera Ditarik, Pemda-nya ... Megapolitan - Kompas.com780 × 390Search by image Puluhan mobil sedan merek Toyota Corolla Altis yang terparkir di basement Gedung DPRD DKI, Rabu

Anggota DPRD DKI: Saya Minta Mobil Dinas Segera Ditarik, Pemda-nya … Megapolitan – Kompas.com780 × 390Search by image Puluhan mobil sedan merek Toyota Corolla Altis yang terparkir di basement Gedung DPRD DKI, Rabu

Berat sepertinya bagi para anggota DPRD DKI Jakarta untuk melepas mobil dinas mewahnya, meskipun mereka telah mendapat gantinya berupa tunjangan transportasi sebesar Rp 21,5 juta per bulan. Hingga menjelang batas waktu pengembalian pada 27 Oktober 2017, baru 11 unit mobil dinas yang dikembalikan dari total 101 unit. Mobil All New Toyota Corolla Altis tersebut adalah  “pemberian” pemerintahan era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Sebagian dari mobil yang sudah dikembalikan tersebut, terparkir di gudang Badan Aset DKI. Kondisi fisik mobil-mobil berwarna hitam yang baru dipakai dua tahun ini menurut pantauan Tempo, terlihat masih apik, dan sesuai standar awal.

Pengembalian mobil dinas ini sebagai risiko karena anggota Dewan memilih menerima tunjangan transportasi Rp 21,5 juta per bulan atau Rp 18,275 juta setelah dipotong pajak 15 persen. Itu belum seberapa. Anggota dewan juga bakal diguyur tunjangan lainnya mulai listrik (Rp 21 juta/bulan), rapat (Rp 350-400 ribu per hari), dan perjalanan dinas ke luar negeri (Rp 5,6 juta/hari kunjungan).

Sekretaris DPRD DKI, Muhammad Yuliadi, berdalih, anggota dewan belum sempat mengembalikan karena masih reses dan sebagian sedang melakukan kunjungan kerja. Jika sampai akhir Oktober ini belum juga dikembalikan, uang tunjangan tidak akan ditransfer.

Postcomended   Indonesia Belajar Minum Kopi Tanpa Ampas (3)

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Gembong Warsono, mengatakan, sejauh ini belum ada sanksi. “Tapi ini lebih ke soal etika,” imbuhnya, enteng.

Menurut Ketua Fraksi Gerindra, Abdul Ghoni, menerima tunjangan berupa uang lebih praktis daripada harus mengeluarkan dana sendiri untuk perawatan mobil dinas.

Postcomended   Lulusan Fisika Nuklir Jadi Dirut Baru Bank Mandiri

 

Muncul wacana melelang mobil-mobil tersebut. Namun aturan menyebutkan aset baru boleh dijual setelah berusia tujuh tahun. Mobil-mobil dinas tersebut seperti dilansir Liputan6, “dibelikan” di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama untuk 101 anggota DPRD DKI periode 2014-2019.

All New Corolla Altis, seperti dikutip situs Autonetmagz, saat mulai dirilis pada 2014, dibanderol dengan harga Rp 376-407 juta. Mobil ini diproduksi dalam dua varian: 1.8 G Manual (M/T) dan 1.8 V Otomatis (A/T) dengan mesin 1.800 cc.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ada penurunan besaran volume mesin dari semula 2000 cc. Namun dengan cc disunat, otomatis lebih hemat bahan bakar, tapi tenaga tak terasa jauh berbeda.***

Postcomended   Izin Hotel Alexis Diakhiri: Surga Ada di Lantai ke-7