Nama Donald Trump boleh jadi bakal makin banyak dicetuskan orang ke udara, entah dalam obrolan biasa ataupun penuh rasa marah. Kini namanya mungkin juga bakal banyak disebut para pecandu ekstasi, termasuk yang dalam keadaan sakaw. Sabtu (19/8/2017), polisi Osnabruck, satu kota di negara bagian Lower Saxony, barat laut Jerman, menemukan 5.000 tablet berbentuk kepala Presiden AS, Donald Trump. Pil-pil ini rencananya akan dijual online dengan slogan “Trump membuat pesta jadi hebat lagi”.

Polisi menghentikan sebuah Peugeot 307 hatchback, dengan plat nomor yang mencurigakan. Seorang Pria (51) di dalam mobil tersebut ditemani seorang remaja laki-laki (17), mengatakan bahwa mereka akan kembali dari perjalanan yang tidak berhasil ke Austria untuk membeli sebuah kendaraan, aebut Los Angeles Times.

Karena mencurigakan, polisi menggeledah mobil dan menemukan 5.000 pil ekstasi tersembunyi di dalamnya. Ekstasi yang kemudian diperkirakan senilai 12.000  dolar AS tersebut berbentuk wajah presiden AS ke-45 tersebut.

Postcomended   Trump Dobrak Tradisi Iftar Tiga Presiden

Jika dibalik, bagian belakang pil berwarna oranye tersebut bertuliskan “TRUMP” dengan simbol bintang pada bendera AS. Kedua pria yang diduga bapak dan anak ini ditangkap untuk menjalani pengadilan pertama keesokan harinya.

Menurut koran Metro Inggris, tablet ekstasi Trump, yang diketahui memiliki kadar MDMA tinggi, telah menyebar ke seluruh Eropa. Harganya mencapai lebih dari 10 dolar AS per pil.

Narkoba berbentuk karakter terkenal bukan kali ini saja diketahui. Pada 2009, dilansir CBS News, polisi di Palmview, Texas, AS, menghentikan sebuah mobil yang supirnya membawa heroin, kokain, dan pil ekstasi, yang bentuknya terlihat seperti Presiden Barack Obama.

Di Indonesia, Desember 2016 lalu, Satuan Reserse Narkoba Polres Depok menyita pil ekstasi berbentuk minion. Pil yang dijual pengedar bernama Iswanto alias Ismet (37) ini, harga per butirnya Rp 200 ribu.

Postcomended   25, 26, 27 Agustus dalam Sejarah: Krakatau Meletus!

Bentuk narkoba yang lucu-lucu ini tentu mencemaskan, karena anak-anak mungkin juga sedang disasar.

MDMA atau Metilendioksimetamfetamina, adalah senyawa kimia yang biasanya dikenal dengan nama Ekstasi, E, X, atau XTC. Psikotropika ini digunakan sebagai obat rekreasi yang membuat penggunanya menjadi sangat aktif (Wikipedia).

Dikutip dari BBC Indonesia, narkoba berbentuk kepala Trump tersebut akan dijual di internet dengan slogan “Trump membuat pesta jadi hebat lagi”; mirip slogan kampanyenya dulu.

Polisi Jerman mengatakan, selain pil, ditemukan juga uang tunai dalam jumlah besar saat pemeriksaan atas mobil yang digunakan kedua tersangka.Total nilai jual pil ekstasi tersebut diperkirakan mencapai 40.000 euro atau sekitar Rp 627 juta.

Para ahli di Inggris memperingatkan, pil ekstasi yang beredar semakin kuat. Hal ini menyebabkan jumlah pasien kecanduan ekstasi yang mengalami gangguan kejiwaan serta perilaku bermasalah lainnya yang membutuhkan perawatan  rumah sakit, meningkat. .***(ra)

Postcomended   Skema Ponzi yang Diterapkan "First Travel" Tidak Halal