Pastikan Kabar Tewasnya Bahrun Naim, Polri Minta... SINDOnews620 × 413Search by image ... Kabar Tewasnya Bahrun Naim, Polri Minta Bantuan Interpol Polisi masih belum dapat memastikan kebenaran informasi terkait meninggalnya pentolan ISIS asal ...

Pastikan Kabar Tewasnya Bahrun Naim, Polri Minta… SINDOnews620 × 413Search by image … Kabar Tewasnya Bahrun Naim, Polri Minta Bantuan Interpol Polisi masih belum dapat memastikan kebenaran informasi terkait meninggalnya pentolan ISIS asal …

Pentolan ISIS asal Indonesia, Bahrun Naim, dikabarkan tewas di Suriah belum lama ini. Kapolri, Tito Karnavian, tak mau percaya begitu saja. Isu tersebut kata Tito, bisa saja sengaja diembuskan agar Bahrun tak dikejar-kejar lagi. Jika benar kematian Bahrun hanya kabar burung, modus ini mirip yang dilakukan bos besar ISIS, Al Baghdadi, yang berkali-kali dikabarkan tewas, termasuk isu tewas pada pertengahan tahun ini.

Tito Karnavian, Selasa (5/12/2017), menyebutkan pihaknya baru akan memercayai informasi tersebut jika datang dari sumber resmi atau pihak tertentu yang menyaksikan sendiri hal tersebut.

Sumber resmi yang dimaksud Tito misalnya dari negara-negara anggota Interpol yang memang memiliki akses pada informasi ini. Polisi kini malah tengah mencari orang atau pihak yang pertama kali menyebar isu tersebut lewat media sosial (medsos).

Postcomended   Hadapi Ancaman Teroris, Polisi Dibekali Tenaga Dalam

Pihak keluarga Bahrun, melalui pengacara keluarga, Anis Prijo Anshari, juga mengaku belum menerima kabar apapun tentang Bahrun. Kabar mengenai tewasnya Bahrun sendiri mulai menyebar melalui percakapan di medsos pada Minggu (3/12/2017).

Bahrun yang memiliki nama lengkap Bahrun Naim Anggih Tamtomo, sering dikaitkan dengan kelompok jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah yang diketahui telah berbaiat ke ISIS.

Pengamat terorisme, Zaki Mubarrok, menilai, jika Bahrun benar-benar meninggal, kekuatan ISIS di tanah air akan melemah. Bahrun kata Zaki, memiliki peran vital untuk ISIS karena dia yang bertugas merekrut dan membantu pendanaan bagi anggota gerakan teroris tersebut di Tanah Air.

Postcomended   Aleppo pun Menangis

Bahrun kata Zaki pernah mengirim Rp 1 juta untuk seorang perempuan bernama Dian. Dana ini rencananya digunakan untuk melakukan bom bunuh di. “Tetapi gagal karena keburu ketangkap,” ungkap Zaki.

Menurut akademisi dari UIN Syarif Hidayatullah ini, selama ini ISIS memang sudah melemah setelah kematian Abu Jandal dan Bachrumsyah, dua pemain penting dalam memobilisasi jihadis Indonesia berangkat ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Bahrun lahir di Pekalongan, 6 September 1983, dan besar di Pasarkliwon, Solo. Ia adalah lulusan program D-3 Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Dalam kasus terorisme, namanya mulai muncul ketika ditangkap Densus 88 pada 2010 karena menyimpan senjata api dan amunisi yang disebutnya sebagai titipan dari seorang buron kasus terorisme. Terakhir namanya disebut sebagai otak aksi serangan bom Sarinah dua tahun lalu.(***/bisnis/tribunnews/detik)

Postcomended   Perempuan Berpakaian Minim Hebohkan Arab Saudi

 

 

 

Share the knowledge