Importance and Benefits of zakat | Ahle Sunnatul Jamaat Ahle Sunnatul Jamaat710 × 270Search by image Benefits of zakat

Importance and Benefits of zakat | Ahle Sunnatul Jamaat Ahle Sunnatul Jamaat710 × 270Search by image Benefits of zakat

Di tengah upaya Baznas mengejar target Rp 3 Triliun pada 2013, sejumlah lembaga amil zakat (LAZ) masih menanti keputusan MK soal uji materi UU No.23/2011, yang beberapa pasalnya dianggap akan mematikan LAZ 

Rp 213 triliun per tahun, begitulah potensi zakat masyarakat Indonesia. Namun rupanya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) belum bisa memaksimalkan perolehannya. Ketua Baznas, Prof. KH Didin Hafidhuddin, mengungkapkan, perolehan tahun 2011 hanya Rp 1,7 triliun, 2012 Rp 2,3 triliun. Tahun 2013 pun Baznas menargetkan naik “tipis” saja yakni Rp 3 triliun.

Angka-angka ini juga termasuk infak dan sedekah yang terkumpul dari semua organisasi pengelola zakat, antara lain dari lembaga-lembaga amil zakat (LAZ). Tidak teroptimalkannya potensi tersebut kata Didin, karena zakat masih menjadi pengeluaran paling buntut dari daftar pengeluaran keluarga. Itupun dikeluarkan kalau masih ada sisa. Jika tidak ada sisa, maka tidak membayar zakat.

Postcomended   Menko Luhut Lepas KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci Ekspedisi Sail Sabang 2017

“Pengeluaran zakat jangan lagi kalau ada sisa, tetapi harus menjadi urutan pertama dalam daftar pengeluaran keluarga,” kata Didin pada pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas DIY di Yogyakarta, Rabu (3/4/2013). Untuk mencapai target tersebut, Baznas mengupayakannya dengan mengangkat tokoh masyarakat sebagai duta zakat .

Postcomended   Ketika Supir Taksi Lulusan SD Terima Tantangan Mengobrol dalam Inggris: Balada Tarnedi

Tokoh yang diangkat sebagai duta zakat adalah Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama, Anggito Abimanyu; pendiri PT Saratoga Advisor, Sandiaga Uno, dan Presiden Direktur ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian