Jokowi Masuk Jajaran Tinggi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia! Dreamers.id - Berita - Dreamers Radio600 × 450Search by image Presiden Jokowi Masuk Jajaran Tinggi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia!

Jokowi Masuk Jajaran Tinggi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia! Dreamers.id – Berita – Dreamers Radio600 × 450Search by image Presiden Jokowi Masuk Jajaran Tinggi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia!

Dengan peringkat turun dari ke-13 pada tahun lalu menjadi ke-16, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam 50 besar pemimpin Islam paling berpengaruh versi Themuslim500. Menurut pengamat, dengan jumlah muslim terbesar di dunia, tak mengherankan jika pemimpin-pemimpin umat Islam Indonesia selalu ada dalam radar pengamatan Islam dunia. Selama Presiden SBY memimpin, dia juga berturut-turut masuk daftar ini. Di akhir jabatannya pada 2013, SBY berada di peringkat ke-9.

Dalam daftar tersebut juga hampir selalu ada nama Ketua Umum PB NU, Said Aqil Siradj, yakni di urutan ke-22, turun dibanding tahun sebelumnya di urutan ke-20. Tokoh Muslim Indonesia lainnya yang masuk daftar adalah Muhammad Luthfi bin Yahya (Habib Luthfi Yah­ya) di urutan ke-41. Tahun sebelumnya dia ada di urutan ke-45.

Postcomended   Aplikasi Ini Akan Memaksa Anak Membaca Pesan dari Ortunya

Sementara itu pada posisi lima besar (1-5), ada Grand Syeikh Universitas Al-Azhar, Dr Syeikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb; Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud; Raja Yordania, Raja Abdullah II, Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei; dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Penghargaan “the Muslim 500: The Wolrd’s 500 Most Influential Muslims” ini diberikan kepada 500 tokoh Muslim dunia, yang dianggap memiliki pengaruh di lingkungannya; ditulis Republika.

Kriteria yang ditetapkan oleh the Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang berbasis di Yordania ini, menyebutkan, dia harus seorang Muslim memiliki kekuatan baik lewat pengaruh budaya, ideologi, politik, dan keuangan, yang bisa berdampak untuk melakukan perubahan pada Muslim dunia.

Mengejutkan, Presiden Jokowi Masuk 20 Tokoh Muslim Paling ... Kompas Metro670 × 335Search by image Amerika Suka Banyak Maunya, Negara-negara ini Pernah Menolak Peralatan Militer Paman Sam Ini

Mengejutkan, Presiden Jokowi Masuk 20 Tokoh Muslim Paling … Kompas Metro670 × 335Search by image Amerika Suka Banyak Maunya, Negara-negara ini Pernah Menolak Peralatan Militer Paman Sam Ini

Lembaga tersebut, yang bekerja sama de­ngan The Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, Yordania, sudah melakukan pemeringkatan ini untuk ke-9 kalinya. Penerima penghargaan meliputi pemimpin negara, to­koh agama, tokoh politik, sosial, budaya, akademisi, pengusaha, ilmuwan, seniman, atlet, selebritas, bahkan hingga tokoh garis keras.

Postcomended   Toto Sering Kunjungi Dada Rosada, Adhli: Biar Bandung Tetap Kondusif

Dikutip dari Media Indonesia, pengamat hubung­an internasional Universitas Ga­djah Mada (UGM), Muhadi Sugiono, sangat wajar Presiden Jokowi masuk jajaran tokoh Muslim berpengaruh tersebut. Pasalnya Indonesia ialah negara dengan pen­duduk Muslim terbesar di dunia.

De­ngan demikian, imbuh Muhadi, mau tidak mau siapa pun pemimpinnya (yang beragama Islam), Indonesia akan selalu diperhitungkan. Terlebih dukungan terhadap Presiden Jokowi, ujarnya, masih tergolong baik secara peringkat.

Jadi, jelas Muhadi lagi, masuk akal jika Presiden Jokowi masuk dalam jajaran tokoh Muslim berpengaruh. “Asalkan beliau tidak melakukan konfrontasi yang fatal terhadap masyarakat Indonesia,” ujarnya.***

Berharap Apa dari Jokowi Sebagai Tokoh Islam Paling Berpengaruh di ... Nusantara.news1200 × 859Search by image Presiden ...

Berharap Apa dari Jokowi Sebagai Tokoh Islam Paling Berpengaruh di … Nusantara.news1200 × 859Search by image Presiden …