Internasional

Presiden Venezuela Pesta Daging Mahal Sementara Berat Badan Rakyat Dilaporkan Merosot

sumber foto: https://www.standard.co.uk/news/world/salt-bae-backlash-as-celebrity-chef-serves-venezuelan-president-nicolas-maduro-a3939066.html

Presiden Venezuela (mengulum cerutu) kedapatan sedang pesta daging domba di restoran Salt Bae (sumber foto: standard.co.uk)

Baru sebulan lalu media di seluruh dunia memberitakan bagaimana harga seekor ayam di Venezuela dihargai Rp 14 juta/ekor, dan uangnya harus diangkut menggunakan karung atau koper, sang presiden Nicolas Maduro, kedapatan sedang pesta daging domba di restoran selebriti bintang lima Salt Bae. Sang koki, Nusret Gokce,terlihat melayani langsung Maduro dan istrinya. Sementara itu berat badan 2/3 warga Venezuela dilaporkan turun.

Ketika jutaan rakyat Venezuela meninggalkan negara itu dari ancaman kelaparan, Maduro dan istri dalam satu rekaman video terlihat tengah asyik dilayani Gokce di restorat Nusr-Et di Istanbul, Turki. Rekaman itu menunjukkan ketika Gocke melakukan gerakan signature-nya yang membuatnya terkenal, memotong dan membumbui daging di depan pasangan itu sementara Maduro dengan riang mengobrol dengan istrinya dan mengulum cerutu.

Presiden Maduro dilaporkan terdengar mengatakan: “Ini adalah momen sekali seumur hidup.”
Lebih dari 1,6 juta orang Venezuela telah meninggalkan negara itu sejak 2015, melarikan diri dari bencana ekonomi dan kemanusiaan, dan telah melintasi perbatasan ke negara-negara tetangga dalam jumlah sedemikian rupa sehingga bulan lalu PBB memperingatkan bahwa situasinya mendekati “saat krisis”.

Postcomended   Tunangan Khashoggi Desak Trump Sisihkan Kepentingan Perdagangan Demi Kebenaran

Pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn, memuji ucapan presiden Venezuela tersebut di masa lalu yang pernah menyatakan: “Ada cara yang berbeda dan lebih baik dalam melakukan sesuatu, ini disebut sosialisme, dan itu adalah sesuatu yang telah membuat langkah besar bagi Venezuela.”

Corbyn juga sebelumnya memuji Maduro karena “menunjukkan bahwa cara lain adalah mungkin”.
Menurut laporan, hampir dua pertiga orang Venezuela mengalami penurunan berat badan karena kekurangan makanan yang kian memburuk, dengan beberapa penduduk dipaksa mencari makanan di tempat sampah.

Sementera rakyat menderita, Maduro makan malam di sebuah restoran di mana potongan daging dapat dijual seharga beberapa ratus dolar.

Postcomended   Filipina Diguncang "Serial Killer" Walikota: Seorang Walikota Kembali Tewas Ditembak

Pejabat pemerintah bahkan menyarankan warga yang kelaparan untuk makan kelinci peliharaan mereka dengan Menteri Venezuela Freddy Bernal mengatakan: “Ada masalah budaya karena kami telah diajarkan bahwa kelinci adalah hewan peliharaan yang lucu. Seekor kelinci yang bukan hewan peliharaan; itu dua setengah kilo daging yang tinggi protein, tanpa kolesterol.”

Pemimpin oposisi Julio Borges, yang melarikan diri dari Venezuela karena takut ditangkap, di akun Twitter-nya menulis merasa jijik pada video itu. Dia mengatakan: “Sementara rakyat Venezuela menderita dan mati kelaparan, Nicolas Maduro dan Cilia Flores bersenang-senang di salah satu restoran termahal di dunia, semua dengan uang yang dicuri dari rakyat Venezuela.”

Presiden Maduro mengacu pada makanan kontroversial dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, yang menegaskan bahwa dia telah mengunjungi restoran itu selama persinggahan dari Cina, di mana dia telah berusaha untuk merundingkan investasi ke negara-negara yang dengan cepat gagal ekonomi. “Nusret memperhatikan kami secara pribadi. Kami mengobrol, bersenang-senang dengannya.”***

Postcomended   Trump Dicap Tak Bisa Bedakan Mana yang Baik untuk Negara atau Dirinya

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top