Ini Duduk Perkara Sebelum Freeport Diberi Izin Ekspor 8 Bulan ... Kompas Ekonomi Pemandangan area tambang Grasberg Mine di Kabupaten Mimika, Papua, yang dikelola PT Freeport Indonesia, Minggu (15/2). Lubang menganga sedalam 1 kilometer ...

Ini Duduk Perkara Sebelum Freeport Diberi Izin Ekspor 8 Bulan … Kompas Ekonomi Pemandangan area tambang Grasberg Mine di Kabupaten Mimika, Papua, yang dikelola PT Freeport Indonesia, Minggu (15/2). Lubang menganga sedalam 1 kilometer …

Tinggal tersisa setengah bulan lagi bagi pemerintah untuk memenuhi target divestasi PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen. Menanggapi hal itu, CEO Indonesia Aluminium (Inalum), Budi Gunadi Sadikin, selaku kepala induk perusahaan tambang negara, mengatakan, Sabtu (14/4/2018), proses divestasi PT Freeport Indonesia saat ini berada pada tahap terakhir. Namun Budi tidak merinci lebih lanjut proses yang sedang berlangsung.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengatakan pada Maret lalu, divestasi PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen ditargetkan akan selesai April 2018. Tenggat waktu ini merupakan instruksi Presiden Joko Widodo.

Divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 2017 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba). Terkait mekanisme pembelian saham yang didivestasi, Jonan menjelaskan bahwa pemerintah akan membeli saham dari bunga partisipasi Rio Tinto, sementara sisanya akan dibeli dengan menggunakan saham PT Freeport McMoran yang tergabung dalam PT Indocopper.

Postcomended   Aplikasi Ini Akan Memaksa Anak Membaca Pesan dari Ortunya

“Kami akan membeli saham dengan harga yang paling normal hingga kepemilikan saham pemerintah mencapai sesuai dengan instruksi Presiden, yaitu 51 persen. Pertama, kami akan mengambil alih partisipasi bunga Rio Tinto sebesar 40 persen, yang akan dikonversi menjadi saham, dan sisanya akan diperoleh dari kepemilikan saham PT Freeport McMoran di PT Indocopper Investama,” kata Jonan.

Postcomended   Rusia Bagai Punya Amunisi Ketika Babi Guinea dan Kucing Sergei Skripal Dilaporkan Mati

Jonan juga menjelaskan mengapa pemerintah tidak menunggu untuk mendapatkan kepemilikan Freeport hingga akhir kontrak. “Jika kita menunggu hingga 2021, kemudian mengambil alih, kita harus membayar setidaknya nilai buku semua investasi Freeport, bukan nilai tambang,” Jonan menjelaskan.

Divestasi 51% adalah kemenangan Indonesia yang selama ini –berdasarkan perjanjian di era Orde baru– hanya mendapatkan pembagian deviden sebesar 9% dari seluruh keuntungan yang diperoleh Freeport. Freeport sempat menolak opsi ini. Hingga pada Agustus 2017, dikutip dari BBC Indonesia, setelah perundingan panjang, kedua pihak menyepakati bahwa Freeport akan melepas saham sebesar 51% kepada pemerintah Indonesia, namun Freeport diberi kesempatan memperpanjang kontrak di Papua hingga 2041, namun juga harus membangun smelter (fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral) yang harus selesai Januari 2022. (***/tempo/BBC)

Share the knowledge