FOTO: Jejak Kaki Dinosaurus Langka Ditemukan, Usianya hingga 170 ... Liputan6.com 1/3

FOTO: Jejak Kaki Dinosaurus Langka Ditemukan, Usianya hingga 170 … Liputan6.com 1/3

Puluhan jejak kaki langka milik dinosaurus yang dibuat sekitar 170 juta tahun lalu telah ditemukan di Isle of Skye, Skotlandia. Para ilmuwan mengatakan, Selasa (3/4/2018), temuan ini menawarkan wawasan penting ke era Jurassic Tengah.

Jejak sauropoda yang ditemukan di Brothers ‘Point di Isle of Skye di Skotlandia ini terlihat dalam foto tak bertanggal yang disediakan oleh Universitas Edinburgh pada 2 April 2018.

“Semakin banyak kita melihat di Isle of Skye, semakin banyak jejak kaki dinosaurus yang kita temukan,” kata Dr. Steve Brusatte dari School of GeoSciences Universitas Edinburgh.

Postcomended   Rugikan Negara Setengah Triliun, Mantan Guru Besar Harvard Ini Akhirnya Ditahan

“Situs baru ini merekam dua jenis dinosaurus yang berbeda: sepupu berleher panjang dari Brontosaurus dan saudara sepupu tusuk gigi T-rex yang berkeliaran di sekitar laguna dangkal, ketika Skotlandia jauh lebih hangat dan dinosaurus memulai perjalanan mereka menuju dominasi global.”

Jejak kaki ini sulit dipelajari karena kondisi pasang surut, dampak pelapukan dan perubahan pada lanskap, tambahnya. Namun para peneliti berhasil mengidentifikasi dua jejak kaki di samping banyak jejak kaki yang terisolasi.

Mereka menggunakan foto drone untuk membuat peta situs, sementara gambar lainnya dikumpulkan menggunakan sepasang kamera yang dipasangkan dan perangkat lunak yang disesuaikan untuk membantu memodelkan cetakan.

Postcomended   Genjot Wisman Tiongkok, Menpar Arief Yahya Tebar Pesona Indonesia di INAWEEK Shanghai 2018.

Temuan ini secara global penting karena merupakan bukti langka dari periode Jurasik Tengah, periode ketika beberapa situs fosil telah ditemukan di seluruh dunia, kata Universitas Edinburg di situsnya.

Penelitian yang dilakukan atas kerjasama Universitas Edinburgh, Staffin Museum, dan Chinese Academy of Sciences, ini, diterbitkan dalam Scottish Journal of Geology.(***/reuters)

Share the knowledge