Nasional

Putra Sulung Bung Karno yang Pendiam Ini Mendadak Vokal

Guntur Soekarnoputra Menyatakan Kecewa Dengan Puisi Adiknya - online ... Online 24 jam Online24 ...

Guntur Soekarnoputra Menyatakan Kecewa Dengan Puisi Adiknya – online … Online 24 jam Online24 …

Guntur Sukarnoputra, anak tertua Sukarno, yang biasanya memilih diam dan menjauh dari hiruk-pikuk dunia politik, mulai berani tampil dan bahkan mengemukakan pendapatnya mengenai kondisi bangsa ini dengan nada cukup berani. Seperti diketahui, putrinya, Puti Guntur Sukarno, sedang “nyalon” sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim). Ini yang tampaknya memotivasinya tampil dan angkat bicara.

Dalam acara temu kangen Barisan Soekarnois Jatim, di Surabaya, Jumat (11/5/2018), Guntur (73) menantang siapa saja yang menjadi provokator yang memecah belah kalangan Islam dan Nasionalis.

“Saya tidak peduli individu, golongan, partai atau siapapun yang menjadi provokator dan memecah belah Islam-Nasionalis maka saya sebagai putra sulung Bung Karno siap menantang,” ujarnya di sela Temu Kangen Barisan Soekarnois Jatim di Surabaya, Jumat (11/5/2018), dilansir kantor berita Antara.

Guntur mengaku tidak ingin ada pihak yang sengaja menghancurkan antara Islam dan Nasionalis dan meyakini bahwa kekuatan-kekuatan nasionalis dan Islam secara sejarah telah membuktikan sebagai pengawal NKRI yang berdasarkan Pancasila.

Postcomended   Saat Imlek dan Cap Go Meh, Bintan Diserbu 5000 Wisman Tiongkok

“Apalagi dengan adanya Pilkada serentak 2018, terutama di Jatim. Semua harus waspada dan jangan sampai lengah sebab ada pihak yang tidak menghendaki Pilkada di Jatim berjalan damai dan sukses. Sekali lagi, semua harus waspada termasuk menghadapi provokator,” ucapnya.

Lebih dari 30 tahun tak muncul di hadapan publik, Guntur meminta kepada Soekarnois dan kaum Marhaen untuk mengawal pasangan nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan putrinya, di Pilkada Jatim.

“Puti adalah anak semata wayang saya dan ikut Pilkada Jatim. Kami mohon dengan hormat dan kerendahan hati, tanpa harus melihat kedaerahan, mari memenangkannya,” kata Guntur, seraya menegaskan bahwa dia tak mengharapkan ada Soekarnois yang lemah hanya karena iming-iming rupiah.

Postcomended   BALI: PULAU IMPIAN

“Saya menyebutnya `kambing loncat`. Karena mereka yang tidak punya pendirian biasanya lemah menghadapi apa yang dinamakan duit.” Pada acara itu, terlihat hadir musisi Eros Djarot dan pengusaha Murdaya Poo.

Menanggapi Kasus Sukmawati
Guntur yang biasanya seperti tak peduli dengan sepak terjang politik dan kehidupan adik-adiknya, mulai angkat bicara saat adik perempuan terkecilnya, Sukmawati Sukarnoputri, tersandung kasus puisi “Ibu Indonesia” yang dituduh sebagian Muslim sebagai penodaan agama.

Guntur menyatakan dalam keterangan persnya, dia memastikan seluruh anggota keluarga Soekarno dididik sesuai ajaran Islam. “Sebagai anak tertua, saya saksi hidup, bahwa seluruh anak Sukarno dididik oleh Bung Karno dan ibu Fatmawati Sukarno sesuai ajaran Islam,” kata Guntur, 3 April silam.

Guntur mengaku menyesalkan adanya puisi adiknya itu, namun dia menegaskan bahwa itu pendapat pribadi Sukmawati. “Tidak ada urusannya dengan pandangan dan sikap keluarga,” ujarnya.(***/antara/republika)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top