Perbedaan Ras dan Etnis Kehidupan - blogger350 × 345Search by image Warna kulit, merupakan ciri yang paling tampak pada setiapras manusia. Warna kulit terdiri atas hitam (malanoderma) dan putih (leucoderma), serta variasi ...

Perbedaan Ras dan Etnis Kehidupan – blogger350 × 345Search by image Warna kulit, merupakan ciri yang paling tampak pada setiapras manusia. Warna kulit terdiri atas hitam (malanoderma) dan putih (leucoderma), serta variasi …

Apakah ras memengaruhi kondisi fisik seseorang? Jawabannya, tidak! Setidaknya ini diungkapkan seorang pakar pangan. Ini mungkin bisa menjawab pertanyaan mengapa artis-artis Korea Selatan rata-rata kini memiliki tubuh yang tinggi, rata-rata 180 atau kurang sedikit. Padahal dulu sebagaimana umumnya orang-orang Asia bagian timur, orang Korea Selatan termasuk Jepang tak ada bedanya dengan tinggi badan orang Indonesia.

Satu sumber menyebutkan, rata-rata tinggi tubuh orang Korea Selatan (Korsel) mencapai 173 meter. Ini untuk membandingkan dengan rata-rata tinggi orang Korea Utara (Korut) yang hanya 165 meter. Sudah bukan rahasia umum bahwa warga Korut sering mengalami kelaparan.

Bagaimana orang Korsel bisa meninggi sementara jirannya tidak? Jawabannya: olah raga, cukup tidur, dan asupan gizi yang baik. Ini seharusnya juga menjadi jawaban mengapa umumnya ras kaukasoid alias “bule”, memiliki tinggi badan jauh di atas rata-rata orang Indonesia.

Postcomended   Waspadalah, Telur Ayam Kampung Banyak Diaspalkan

Sarapan teratur dengan minum susu yang memiliki protein tinggi (biasanya dicampur juga dengan sereal), dan kebiasaan memaksa anak-anak tidur siang, bukan pencitraan orang-orang Barat yang seringkali kita saksikan di film-filmnya.

Orang Barat yang umumnya berbadan tinggi, telah mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara sistematis dalam hidupbya. Belum lagi mereka memang pemakan daging yang diketahui juga berprotein tinggi; modal bagi badan yang tinggi; ketika orang Indonesia malah kelebihan mengonsumsi karbohidrat sari beras/nasi.

Siapa negara dengan tinggi badan penduduk tertinggi dan terendah ... ilmu SDM - WordPress.com2000 × 971Search by image Siapa negara dengan tinggi badan penduduk tertinggi dan terendah di dunia?

Siapa negara dengan tinggi badan penduduk tertinggi dan terendah … ilmu SDM – WordPress.com2000 × 971Search by image Siapa negara dengan tinggi badan penduduk tertinggi dan terendah di dunia?

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN., Peneliti Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asia Tenggara dari IPB, mengatakan, seperti dilansir Kompas, ras tidak berpengaruh kepada pertumbuhan fisik manusia. Hal itu lebih dipengaruhi asupan makanan dan minuman selama pertumbuhan anak.

Dodik mengutip data dari Kementerian Kesehatan RI yang menyebutkan, pertumbuhan anak Indonesia pada usia 0-6 bulan setara dengan anak ras Kaukasoid yang umumnya tersebar di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Postcomended   Balada Bawang Merah dan Bawang Putih

Namun ini terutama berlaku bagi anak yang diberi ASI. “ASI itu cukup dan genetiknya bagus,” kata Dodik dalam diskusi bertema melek nutrisi untuk generasi 2045 di Jakarta, 19 September 2017.

Lewat usia 6 bulan, mulailah pertumbuhan anak Indonesia menurun. Ini kata Dodik terkait kualitas makanan “pendamping” ASI (MPASI). Belum lagi orang tua banyak yang memaknai MPASI sebagai “pengganti” ASI. Belum lagi makanannya kadang hanya makanan olahan kemasan yang jelas-jelas tak memenuhi nilai gizi.

Akan tetapi secara umum, sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan warga dunia yang juga berimbas pada kesehatan masyarakat, rata-rata tinggi badan manusia tumbuh empat inci (sekitar 10 cm) pada abad ini.

Dailymail melaporkan, pada tahun 1900, manusia umumnya bertinggi badan 5ft 6 inci (sekitar 167 cm), tapi pada tahun 2000 naik menjadi 5ft 10inci (177). Pada saat yang sama, wanita tumbuh satu setengah inci, dari awalnya di bawah 5ft 3 inci (157 cm) sampai lebih dari 5ft 4in (160 cm).

Postcomended   Pyongyang Anggap Cuitan Trump Sebagai Deklarasi Perang

Periset menyimpulkan bahwa tinggi badan yang melonjak ini karena ibu hamil juga mengonsumsi makanan yang lebih baik yang berarti bayi mereka tumbuh menjadi lebih kuat dan lebih sehat.

Peningkatan sanitasi dan perbaikan teknologi juga turut berperan menyelamatkan manusia dari penyakit yang tiada henti, malanutrisi, dan kondisi kerja yang brutal. Angka-angka tersebut terungkap sebagai bagian dari tinjauan paling komprehensif pada perkembangan umat manusia yang pernah dilakukan.

Ekonom Amerika Serikat (AS) pemenang hadiah, Robert Fogel dan tim koleganya, telah menghabiskan tiga dekade unuk mengungkap angka-angka tersebut. Mereka menggabungkan-gabungkan statistik untuk menunjukkan bagaimana kita telah berubah sejak tahun 1700. Mereka menemukan, bukan hanya umur yang makin panjang melainkan juga tinggi badan.

Perubahan tersebut kata Fogel, telah terjadi dalam waktu yang sangat singkat, jika mengacu pada standar evolusi Darwin. Fogel mengatakan, teknologi telah menyelamatkan manusia dari penyakit yang tanpa henti, malnutrisi, dan kondisi kerja yang brutal.

July 2011 ~ SMART NURSE smart nurse - blogger400 × 231Search by image ... konsentrasi kalsium rendah tetapi phosfatnya tinggi dan bisa menimbulkan tetani akibat dari pengangkatan atau kerusakan kelenjar paratyroid ...

July 2011 ~ SMART NURSE smart nurse – blogger400 × 231Search by image … konsentrasi kalsium rendah tetapi phosfatnya tinggi dan bisa menimbulkan tetani akibat dari pengangkatan atau kerusakan kelenjar paratyroid …

Melindungi persediaan air dan menerapkan sistem pembuangan limbah, kata Fogel dkk, berhasil mematikan serangkaian penyakit. Dan dengan memastikan ibu memiliki makanan yang baik yang diteruskan ke anak di perutnya, bisa dipastikan manusia akan lebih kuat dan mengurangi kerentanan terhadap penyakit di kemudian hari.***