Ikea Bakal Pecat Ribuan Karyawan, namun Berharap Tumbuh Ribuan Lainnya

Ekonomi
Share the knowledge

 

https://www.pugliareporter.com/2017/11/29/dipendente-ikea-bari-licenziato-a-bari-per-5-minuti-di-pausa-in-piu/
(foto dari: pugliareporter.com)

Raksasa ritel perabot rumah tangga Ikea mulai keteteran menghadapi perubahan perilaku konsumen saat ini. Dengan alasan mereorganisasi bisnis globalnya, Ikea bersiap memecat 7.500 karyawan, namun mengharapkan akan tumbuh lebih banyak pekerjaan di seluruh dunia. Selama ini, katalog Ikea dianggap sebagai buku yang pendistribusiannya terluas kedua setelah Alkitab.

Pihak Ikea mengatakan, rencana reogranisasi bisnis globalnya ini diharapkan akan menjangkau lebih banyak pelanggan perkotaan dan konsumen yang tidak ingin berbelanja di gudangnya yang sangat besar.

Ingka Group, yang memiliki dan mengoperasikan sebagian besar toko Ikea, Rabu (21/11/2018), mengatakan, pihaknya akan memulai dengan memangkas tenaga kerja globalnya sebesar 5 persen dan beralih ke toko-toko kecil dan belanja online lebih banyak. Perusahaan akan mem-PHK sekitar 7.500 karyawannya.

“Kami mengakui bahwa lanskap ritel berubah dalam skala dan kecepatan yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” kata CEO Ingka Group, Jesper Brodin, dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir CNN. “Ketika perilaku pelanggan berubah dengan cepat, kami berinvestasi dan mengembangkan bisnis kami untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih baik dan lebih baru.”

Rencana ini akan memukul pekerjaan di bagian administrasi dan dukungan (support). Ikea mengatakan bahwa kurang dari 75 pekerjaan akan dieliminasi di Amerika Serikat.

Postcomended   Glorifikasi Fahri dan Romantisasi Seksisme

Akan tetapi Ikea berdalih bahwa meskipun menghilangkan sejumlah besar pekerjaan, reorganisasi ini akan membuka lebih banyak posisi daripada yang dihilangkan. Reorganisasi, kata Ikea, dapat mengarah pada penciptaan 11.500 pekerjaan baru karena memperluas ke 30 toko format kecil baru di kota-kota di seluruh dunia. Ingka saat ini memiliki 367 toko Ikea dan mempekerjakan 160 ribu orang dari 208 ribu tenaga kerja global Ikea.

Postcomended   Mungkinkah Penyederhanaan Rupiah Dilakukan di Tahun Politik?

“Kami akan lebih menekankan pada membuat gerai kami yang sudah ada menjadi lebih baik dan mengambil kesempatan untuk memperbarui dan menemukan kembali bisnis kami dengan cara yang terinspirasi oleh sejarah, budaya, dan nilai kami,” kata Brodin. Ikea baru-baru ini membuka toko pertamanya di India dan berencana 25 lagi di sana.

Dari Wikipedia: Ikea adalah peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 364 toko Ikea di 46 negara di berbagai belahan dunia. Katalog Ikea yang berisi info produk Ikea diperkirakan adalah buku yang pendistribusiannya kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya diperbaharui tiap Agustus. ***


Share the knowledge

Leave a Reply