Ekonomi

Robot Anjing SpotMini Bakal Diproduksi Massal

Spot Mini (theGuardian)

Boston Dynamics (BD), perusahaan pembuat robot bernama Atlas yang pernah viral karena bisa melakukan aksi backflip, akan segera membawa produk komersial pertamanya ke pasar. Bukan Atlas, melainkan SpotMini, robot anjing yang gesit bagai anjing betulan.

Peluncuran produk ini diumumkan pada Mei 2018. Marc Raibert baru-baru ini mengatakan bahwa pada Juli tahun depan, Boston Dynamics akan memproduksi SpotMini dengan kapasitas produksi sekitar 1.000 unit per tahun.

Tujuan lebih luas atas produksi massal ini, seperti yang dilaporkan Inverse, adalah untuk menciptakan platform yang fleksibel untuk berbagai aplikasi. Menurut Raibert, SpotMini saat ini sedang diuji untuk diaplikasikan di bidang konstruksi, pengiriman, keamanan, dan aplikasi bantuan rumah.

SpotMini bergerak sama anehnya dengan kepercayaan yang sangat halus seperti robot eksperimental Boston Dynamics sebelumnya seperti Cheetah, BigDog, dan Spot.
Spot adalah “kerabat” terdekat SpotMini” yang memiliki tinggi empat kaki (sekitar 1,2 meter) dengan berat sekitar 160 pon (72,5 kg)

Postcomended   Nyeri Kronis Picu Orang Bunuh Diri

Satu video yang memperlihatkan Spot menavigasi tangga dan medan kompleks lainnya, dan tetap berdiri ketika ditendang, telah dilihat hampir 19 juta kali di YouTube. Daya tarik kreasi Boston Dynamics ini, sebagian besar karena sebagai seekor robot Spot tampak selincah makhluk hidup.

Robot-robot Boston Dynamics sebelumnya menampilkan banyak kabel yang terbuka dan logam telanjang, namun SpotMini memiliki desain produk komersial yang ramping dan tuntas, membuat mereka yang takut pada ide bakal terjadinya “pemberontakan robot” masih akan menemukan banyak bahan bakar mimpi buruk.

Postcomended   Rugikan Negara Setengah Triliun, Mantan Guru Besar Harvard Ini Akhirnya Ditahan

Dengan tinggi 3 kaki (1 meter) dan berat sekitar 55 pon (25 kg), SpotMini dapat pergi ke tempat di mana robot yang lebih besar tidak bisa melakukannya. Opsi kepalanya yang seperti ular, di posisi sama seperti seekor anjing, bahkan memungkinkan SpotMini melakukan hal-hal seperti membuka pintu.

Perluasan ambisi Boston Dynamics ini muncul sekitar satu tahun setelah tampak seperti mengalami kemunduran. Setelah diakuisisi oleh Google pada 2013, raksasa mesin pencari ini menjual pembuat robot tersebut ke SoftBank Jepang pada 2017.

Keputusan tersebut tampaknya didorong oleh ketidakpastian bahwa Boston Dynamics dapat menghasilkan produk yang dapat dipasarkan, pada saat ketika Google mengambil lebih banyak hasil yang berorientasi pada sikap terhadap proyek-proyek yang lebih spekulatif.(***/fortune)

Postcomended   Bocah Perokok Usia 2 Tahun Asal Sukabumi Kembali Gemparkan Media Asing

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top