Sophia, Robot Pertama di Dunia yang Punya Kewarganegaraan | Telset Telset.id800 × 420Search by image Telset.id, Jakarta – Di semua negara, lumrahnya yang menjadi warga negara adalah manusia yang telah lahir atau menetap lama dan telah diakui oleh ...

Sophia, Robot Pertama di Dunia yang Punya Kewarganegaraan | Telset Telset.id800 × 420Search by image Telset.id, Jakarta – Di semua negara, lumrahnya yang menjadi warga negara adalah manusia yang telah lahir atau menetap lama dan telah diakui oleh …

“Saya juga punya perasaan.” Kalimat ini bukan dikatakan oleh pemuda yang sedang patah hati karena cintanya ditolak mentah-mentah, melainkan ucapan Sophie, “seorang” robot. Sophie mengatakan itu saat berbicara kepada Emily Wither dari Reuters, di acara pertemuan “web summit” di Lisbon, tentang kewarganegaraan barunya di Arab Saudi. Arab Saudi memberi kewarganegaraan pada robot? Begitulah Saudi di bawah “inovasi” sang putra mahkota saat ini, Pangeran Muhammad bin Salman. (wawancara dengan Sophie bisa dilihat di sini: https://reut.rs/2zsbzHE)

Bahkan negeri emas hitam yang tak hitam lagi ini –kandungan minyak mentahnya makin menipis– telah menjadi negara pertama yang memberi kewarganegaraan pada robot, dan boleh jadi akan menjadi warga negara tetap.

Pangeran Muhammad tampaknya berambisi menjadikan Arab Saudi sebagai tempat untuk mengembangkan kecerdasan buatan alias artificial intelligent (AI), mengejar “ketertinggalan” modernisasi dari Dubai.

Postcomended   Pangeran Saudi Gondrong Ini pun Diborgol

Pemerintah kerajaan bergeming ketika banyak yang mengatakan, hak sama seperti yang diberikan kepada neng Sophie, tak diberikan kepada banyak manusia di negara ini.

Sophie dikonfirmasi menjadi warga negara Saudi (hanya) selama berlangsungnya satu acara bisnis di Riyadh, menurut sebuah siaran pers resmi Saudi seperti dilansir Independent.

Holy craAAAAP #sophietherobot #sophie #startupsocietiessummit #robot

A post shared by Ravin Chand (@bluechandelier) on

“Kami punya sedikit pengumuman. Kami baru saja mempelajari, Sophia; saya harap Anda mendengarkan saya, Anda telah mendapatkan kewarganegaraan Saudi pertama untuk ‘seorang’ robot,” kata moderator panel dan penulis bisnis, Andrew Ross Sorkin.

Mendengar panggilan Sorkin, robot tersebut kemudian mengucapkan terima kasih kepada negara tersebut (Arab Saudi) dan kepada acara tersebut.

“Terima kasih untuk Kerajaan Arab Saudi. Saya sangat tersanjung dan bangga pada perbedaan yang unik ini, “kata Sophia. “Bersejarah menjadi robot pertama di dunia yang dikenali dengan kewarganegaraan,” ujar Sophie lagi.

Sorkin lalu meminta Sophie memperkenalkan diri. “Selamat siang nama saya Sophie, saya adalah robot terhebat dari Hanson Robotics. Terimakasih telah memberi saya inisiatif investasi masa depan, “katanya.

Postcomended   Minyak Menipis, Arab Saudi Mulai Longgarkan Sejumlah Norma

Ditanya mengapa dia terlihat senang, Sophie menjawab: “Saya selalu senang saat dikelilingi oleh orang pintar yang juga kebetulan kaya dan berkuasa. Saya diberitahu bahwa orang-orang di sini, di Inisiatif Investasi Masa Depan, tertarik pada inisiatif masa depan yang berarti AI, yang berarti saya. Jadi saya lebih dari sekadar senang, saya bersemangat.”

Dia mengatakan, manusia tidak perlu khawatir pada munculnya kecerdasan buatan seperti yang digambarkan dalam film Blade Runner dan Terminator. “Anda telah membaca terlalu banyak Elon Musk dan menonton terlalu banyak film Hollywood,” katanya kepada Sorkin.

Atas ekspansi modernisasi yang dilakukan Arab Saudi, warganet sinis. Bagaimana mungkin sementara negara tersebut merayakan hak yang diberikan kepada robot perempuan, negara tersebut masih saja memberikan hak terbatas kepada wanita manusia.

Hashtag lelucon tentang Sophie meminta Arab Saudi menghapus sistem di mana setiap warga negara perempuan harus memiliki wali laki-laki, telah dicuitkan oleh banyak netizen, menurut BBC.

Postcomended   Arab Saudi Mencabut Larangan Yoga

Beberapa pengguna Twitter menyinyiri bahwa “Sophie tidak memiliki wali, tidak mengenakan abaya atau penutup: bagaimana bisa?” Netizen lain memasang foto seorang wanita yang mengenakan jilbab penuh, dan bercanda bahwa Sophie akan terlihat seperti itu segera.

Wartawan Murtaza Hussain mencatat, pekerja migran (misalnya TKW) tidak diberikan hak yang sama yang telah diberikan pada robot tersebut. “Robot ini telah mendapatkan kewarganegaraan Saudi, sebelum pekerja migran yang telah tinggal di negara ini seumur hidup mereka, mensapatkannya,” katanya.***

Arab Saudi Berikan Kewarganegaraan Pada Robot Sophia Suara.com653 × 366Search by image

Arab Saudi Berikan Kewarganegaraan Pada Robot Sophia Suara.com653 × 366Search by image