Keluarga

Saat Hormon Ghrelin Tak Sanggup Ingatkan Bahwa Kamu Lapar

Anda Selalu Lapar? Ini Alasannya - Lifestyle Liputan6.com Lifestyle Liputan6 Ini dia alasan mengapa Anda merasa lapar tiap saat.

Anda Selalu Lapar? Ini Alasannya – Lifestyle Liputan6.com Lifestyle Liputan6 Ini dia alasan mengapa Anda merasa lapar tiap saat.

Mengapa saat dalam keadaan sangat lapar, kita bisa melupakannya jika sedang terlibat aktivitas menarik, seperti membaca buku bagus, berkebun, atau melakukan hobi lainnya?

Seorang ahli diet kepada situs Live Science mengaku untuk menjawabnya cukup rumit dan membingungkan. Ketika seseorang lapar, riam-riam pemicu memberi tahu otak bahwa tubuh membutuhkan makanan.

Menurut satu tinjauan di jurnal Physiology and Behavior pada 2006,
salah satu pemicunya adalah hormon yang disebut ghrelin. Ghrelin adalah satu-satunya zat mamalia yang telah terbukti meningkatkan nafsu makan dan asupan makanan saat sinyal-sinyal lapar dikirim ke otak manusia,

Sebagian besar pasokan ghrelin tubuh, tulis jurnal tersebut, dibuat di perut dan duodenum (bagian pertama usus kecil). Begitu dibuat, ghrelin bisa melewati penghalang pada darah dan otak, dan menargetkan bagian otak tertentu dengan stimulasi rasa lapar.

Postcomended   ITDC RAIH JUARA UMUM INDONESIA SUSTAINABLE TOURISM AWARD 2017

Selain itu, masih dari jurnal itu, ghrelin menyertai kita 24/7 (7 hari 24 jam). Tingkatnya turun saat kita makan, dan naik sebelum makan hingga mencapai konsentrasi yang cukup tinggi untuk merangsang rasa lapar lagi.

Namun, temuan yang aneh menunjukkan bahwa ghrelin bukanlah satu-satunya dan akhir dari semua rasa lapar.

8 Tips Menurunkan Berat Badan Meskipun Makan Besar | Kawaii Beauty ... Kawaii Beauty Japan Berolahraga di hari ketika kamu mendapat undangan makan besar bisa juga mengurangi nafsu makanmu, yaitu dengan menekan hormon lapar.

8 Tips Menurunkan Berat Badan Meskipun Makan Besar | Kawaii Beauty … Kawaii Beauty Japan Berolahraga di hari ketika kamu mendapat undangan makan besar bisa juga mengurangi nafsu makanmu, yaitu dengan menekan hormon lapar.

Studi tahun 2016 di jurnal Clinical Nutrition mengungkapkan, 59 orang dewasa gemuk berpartisipasi dalam program delapan minggu yang mereka lalui setiap hari. Mereka makan dengan hemat pada hari-hari yang sibuk, dan makan dengan bebas pada hari-hari alternatif.

Tetapi setelah mengukur tingkat ghrelin dari para peserta, para peneliti menemukan bahwa, “Kelaparan tidak terkait dengan konsentrasi ghrelin pada titik mana pun,” tulis mereka dalam penelitiannya. Dengan kata lain, ketika orang berpuasa, tingkat ghrelin mereka meningkat. Tapi untuk alasan yang tidak diketahui, orang-orang ini tidak melaporkan rasa lapar dari biasanya.

Postcomended   Lomba Mindo Photography Competition

“Ini menarik karena subyektivitasnya; yakni ‘seberapa lapar Anda?’ tidak benar-benar sesuai dengan apa yang kami ukur secara klinis,” ujar Colleen Tewksbury, seorang manajer program bariatrik di Penn Medicine, saat diminta tanggapan oleh Live Science mengenai penelitian tersebut.

Jadi, mengapa orang pada dasarnya dapat mengabaikan rasa lapar mereka? Satu gagasan, berdasarkan pengamatan anekdot adalah bahwa “aktivitas intens” dapat mengalihkan perhatian orang dari rasa lapar mereka, kata Leah Groppo, seorang ahli gizi klinis di Stanford Health Care di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

“Jika benar-benar ‘terganggu’ (oleh keasyikan terhadap sesuatu), seringkali orang bisa kehilangan rasa lapar. Dari waktu ke waktu (rasa lapar itu) akan berkurang karena Anda masih terlalu fokus pada hal lain,” kata Groppo kepada Live Science.

 663 × 382Images may be subject to copyright fuid | Be Something Useful For Others Be Something Useful For Others - WordPress.com Kita mengenal 12 zodiak berdasarkan pembagian bulan. Setiap zodiak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang memiliki watak keras dan ambisius, ...

663 × 382Images may be subject to copyright fuid | Be Something Useful For Others Be Something Useful For Others – WordPress.com Kita mengenal 12 zodiak berdasarkan pembagian bulan. Setiap zodiak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang memiliki watak keras dan ambisius, …

Namun jika Anda dikelilingi isyarat yang cukup untuk mengingatkan rasa lapar, katakanlah Anda sedang membaca sebuah novel mengasyikan, tiba-tiba aroma makanan melayang di udara, maka ini dapat segera menyadarkan betapa laparnya Anda.*

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top