Bagaimana pun anak adalah pihak yang akan dirugikan oleh masalah tersebut. Oleh sebab itu, orang-orang yang berada di dekatnya haruslah menerapkan sejumlah cara menenangkan anak yang emosi lantaran mengetahui tabiat orang tuanya.

Topik perselingkuhan menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh semua kalangan di tanah air. Apalagi kemunculan berita-berita mengenai  seorang anak remaja yang dengan percaya diri melabrak orang yang diduga adalah wanita idaman lain ayahnya. Sontak hal ini menggegerkan masyarakat Indonesia. Namun, terlepas dari kasus tersebut sebenarnya ada hal penting yang terlewatkan yaitu persoalan anak.

Cara Menenangkan Anak Yang Emosi

Berikut adalah 5 cara atau tindakan yang harus dilakukan pada anak yang sedang emosi saat mengetahui perihal perselingkuhan orang tuanya. Siapa yang harus melakukan tindakan ini? Siapapun bisa melakukannya namun yang lebih tepat adalah orang-orang yang berada di sekitar anak tersebut.

1.Perkirakan tingkat kemarahan anak

Cara menenangkan anak yang emosi yang pertama ialah melihat seberapa besar kemarahan anak tersebut terhadap tabiat orang tuanya yang tidak baik. Menurut pandangan psikolog, Ana Nogales, seorang anak bisa saja mengekspresikan kemarahan dengan bertindak berani bahkan cenderung mengabaikan risiko. Sang anak bisa saja menarik diri atau memilih untuk diam.

2. Bantu anak memahami permasalahan

Cara menenangkan anak yang emosi lantaran mengetahui orang tuanya selingkuh ialah membantu anak tersebut untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi. Anak kemungkinan berpikir bahwa apa yang terjadi melibatkan dirinya. Bahkan tidak jarang anak berpikir bahwa masalah perselingkuhan orang tuanya adalah tanggung jawabnya juga.

Postcomended   Kali Temi Kini Super Bersih Bagai Cheonggyecheon-nya Lumajang

3. Ingatkan anak tidak akan tergantikan

Tindakan ketiga ialah dengan mengingatkan sang anak tersebut. Saat berada di dekat anak, berikan penjelasan bahwa meski kedua orang tuanya terlihat masalah yang serius, namun hal tersebut tidak akan berdampak pada komitmen mereka kepada anak tersebut. Hal ini sedikit banyak bisa menenangkan hati sang anak kedepannya agar tidak bertindak di luar batas.

Postcomended   Trailer "Mission: Impossible-Fallout" di Youtube Telah Raih 13 Juta Penonton Lebih: Cek Akting Tom Cruise Tanpa Stuntman

4. Kuatkan kepercayaan pada anak

Cara menenangkan anak yang emosi keempat ialah dengan menguatkan kepercayaan anak tersebut. Biasanya anak yang mengetahui tabiat buruk keluarganya atau orang tuanya akan mengalami krisis kepercayaan. Mereka bisa saja tidak dapat percaya sepenuhnya kepada orang tua yang menjalani perselingkuhan. Hal ini akan menjadikan anak lebih tertutup bahkan menjadi tidak percaya dengan orang lain.

5. Pahami rasa benci anak tersebut

Langkah selanjutnya ialah memahami apa yang dibenci oleh anak tersebut. Penting sekali orang-orang yang berada di dekat sang anak memahami apa yang dirasakan oleh sang anak terhadap orang tua mereka yang berselingkuh. Karena itu, sebaiknya gunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan mereka.

Itulah beberapa cara menenangkan anak yang emosi lantaran mengetahui orang tuanya terlibat perselingkuhan. Tindakan di atas sangat penting dilakukan agar keluarga bisa menjalin hubungan yang harmonis kembali.

Share the knowledge