Internasional

Salju Turun di Musim Panas di Melbourne

Australia Pun Kena Hujan Salju ~ langkahmantap langkahmantap - Blogger Selain kawasan Eropa seperti Inggris, Australia pun ikut-ikutan kena hujan salju. Menurut warta The Age pada Senin (20/12/2010), hujan salju pada Desember ...

Australia Pun Kena Hujan Salju ~ langkahmantap langkahmantap – Blogger Selain kawasan Eropa seperti Inggris, Australia pun ikut-ikutan kena hujan salju. Menurut warta The Age pada Senin (20/12/2010), hujan salju pada Desember …

Di hari ke-12 tahun 2018, salju telah turun di musim panas di Melbourne. Meskipun ini bukan yang pertama, namun meteorologis senior Australia, Dean Stewart, mengatakan, ini cukup aneh. Bagaimana tidak, belum lama ini Australia termasuk Melbourne dikabarkan dihantam sengatan cuaca panas yang melelehkan jalanan di beberapa daerah. Suhu disebut mencapai 38C.

Kondisi anomalis ini terjadi pada Jumat (12/1/2018), setelah suhu sempat memuncak pada 31C sekitar pukul 12.30, lalu hujan deras menerobos kota, dengan daerah pinggiran bagian tenggara mencapai yang tersulit.

Kota Frankston mencatat curah hujan paling banyak saat badai petir membelah langit pada pukul 3 sore setelah hari yang panas dan lembab. Dean Stewart mengatakan, Frankston menghabiskan sekitar 14mm dalam 15 menit, tertinggi di daerah Melbourne.

“Dengan curah hujan yang intens itu sudah cukup untuk menyebabkan beberapa banjir bandang di pinggiran selatan tenggara Melbourne,” kata Stewart. Temperatur ditetapkan turun cukup rendah pada Sabtu hingga memungkinkan munculnya percikan salju di wilayah pegunungan.

Tapi jatuhnya suhu dingin seolah dirancang untuk perubahan dramatis pada Kamis, dengan suhu diperkirakan melonjak setinggi 38C. Memikirkan suhu 31C dan salju turun dalam dua hari, terdengar sedikit aneh? “Itu tidak biasa bagi Melbourne,”  kata Stewart, dikutip situs Theage.

Salju turun di musim panas di Australia pernah juga terjadi pada 1 Desember; dua hari sejak memasuki musim panas 2015. Kala itu suhu udara hanya berkisar 4C-7C, di beberapa tempat bahkan hingga minus 2C.

Salju tipis dilaporkan jatuh di Gelantipy, dekat kawasan Taman Nasional Snowy River. Warga Gelantipy, Nigel Hodge, kepada ABC waktu itu mengatakan, “Saya ingat terakhir kalinya ada salju di sini yaitu tahun 1955 atau 1956. Ini sangat jarang,” katanya.(***/radioaustralia/abc)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top