Belajar dari Jepang: Sebuah Refleksi 70 Tahun Kemerdekaan Kita Catatan si Alf - blogger398 × 333Search by image Semua peralatannya pun dibuat secanggih mungkin dan yang paling membuat nyaman di toilet tentu aja kloset Jepang yang super nyaman dengan tombol-tombol ...

Belajar dari Jepang: Sebuah Refleksi 70 Tahun Kemerdekaan Kita Catatan si Alf – blogger398 × 333Search by image Semua peralatannya pun dibuat secanggih mungkin dan yang paling membuat nyaman di toilet tentu aja kloset Jepang yang super nyaman dengan tombol-tombol …

Jepang telah meluncurkan sebuah kampanye untuk mengubah toilet jongkok bergaya Asia yang tidak populer, menjadi toilet model “barat”. Motivasinya karena negara tersebut bersiap menyambut puluhan juta turis asing menjelang Olimpiade Tokyo 2020.

Negara berteknologi tinggi ini terkenal dengan teknologi toiletnya yang bisa membingungkan pengunjung asing, dengan fitur mulai dari pemanasan kursi hingga fungsi bidet (penyemprotan) dengan tekanan air bervariasi.

Tapi yang mengejutkan banyak orang dan mengecewakan beberapa, adalah beberapa toilet di tempat umum adalah toilet fasilitas “jongkok” tradisional. Menurut Dinas Pariwisata Jepang, sekitar 40 persen toilet di 4.000 lokasi di tempat-tempat wisata populer adalah “jongkoker”.

Beberapa pejabat mengatakan, pemerintah menawarkan untuk menanggung sepertiga dari biaya untuk memasang toilet tipe duduk, lengkap dengan fungsi bidet yang diharapkan dari toilet Jepang.

Sebuah survei yang dilakukan oleh produsen toilet TOTO, menemukan, lebih dari delapan dari 10 turis asing memilih tipe duduk, kata Akihiko Yamakoshi, seorang pejabat di Dinas Pariwisata Jepang.

“Karena kami bertujuan untuk menerima 40 juta pengunjung asing (selama satu tahun), kami ingin mereka menikmati tur ke Jepang dengan sesedikit mungkin rasa stress,” katanya kepada AFP.

Beberapa turis asing tidak tahu bagaimana menggunakan toilet bergaya Jepang lama sementara yang lain mengeluh toilet tidak higienis.

Jumlah pengunjung asing ke Jepang telah menembus rekor dalam beberapa tahun terakhir. Lebih dari 26 juta turis asing berkunjung ke Jepang dalam 11 bulan pada 2017. Angka ini sudah melampaui rekor tahunan 24 juta yang ditetapkan pada 2016.

Pemerintah Jepang berniat meningkatkan jumlahnya menjadi 40 juta pada tahun 2020 ketika Tokyo menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas.

“Konversi toilet terutama dirancang untuk turis mancanegara, tapi bisa juga membantu orang tua Jepang yang mungkin mengalami kesulitan berjongkok,” kata Yamakoshi.***

 

Postcomended   Binatang Jerami Raksasa Duduki Prefektur Niigata Setiap Agustus-November

Share the knowledge