Omar and Abdullah Maute - Wikipedia Wikipedia149 × 200Search by image Omar Maute.jpg, Abdullah Maute.jpg

Omar and Abdullah Maute – Wikipedia Wikipedia149 × 200Search by image Omar Maute.jpg, Abdullah Maute.jpg

Nama Maute belakangan menjadi sering disebut-sebut. Apa atau siapakah dia? Maute diambil dari nama Omar Maute, pimpinan pemberontak yang disebut-sebut beraliansi kepada kelompok radikal ISIS, dan sekarang menjadi orang yang paling dicari polisi Filipina.

Rupanya, Omar Maute pernah keluyuran di Bekasi sampai memiliki istri warga Bekasi bernama Minhati Madrais. Minhati adalah anak dari seorang tokoh agama di sana, tepatnya di Desa Buni Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, bernama KH Madrais Hajar.

Postcomended   Ekonomi Pemerataan Obama Diduga Terinspirasi Pancasila

Selama di Bekasi, Omar menetap di Pondok Pesantren Darul Amal milik mertuanya. Madrais pun tak menampik. “Benar, dia menantu saya,” katanya, Kamis (1/6/17).

Madrais mengatakan, mereka berkenalan kemudian menikah pada 2008, ketika masih sama-sama berstatus mahasiswa. “Ketika nikah saya ke Mesir menjadi wali,” kata Madrais. Mereka dikatakannya sempat mengajar di pesantrennya.

Dadang, suami dari sepupu Minhati, kepada Kompas mengatakan, setelah menikah Minhati dan Omar tinggal di Kairo hingga 2010 sambil melanjutkan kuliah dan akhirnya dipaksa untuk kembali ke Indonesia dan sempat tinggal di Bekasi dari 2010-2011.

Postcomended   Anggota Separatis Papua Satu demi Satu Menyerahkan Diri

Sekitar dua tahun kemudian, Omar memboyong istri dan anaknya ke Marawi. Alasannya, ingin mengunjungi keluarga di sana. Dia berencana kembali lagi ke Indonesia, namun Madrais ragu. Dia menduga menantunya pergi lantaran tidak sepaham dengan dia. “Sejak saat itu enggak ada komunikasi lagi,” kata Madrais.