Sejumlah Perusahaan Termasuk Mozilla dan Tesla, Istirahatkan Facebook-nya #FacebookDown

Sejumlah Perusahaan Termasuk Mozilla dan Tesla, Istirahatkan Facebook-nya #FacebookDown

Internasional Opini Politik
Share the knowledge

Mozilla, Tesla, dan sejumlah perusahaan lain, memutuskan menjauhkan diri dari Facebook. Keputusan ini diambil menyusul terungkapnya pembocoran data pengguna media sosial (medsos) tersebut kepada konsultan politik yang terkait kampanye Donald Trump pada 2016.

Meskipun aksi ini tidak permanen dan secara garis dasar tidak akan berpengaruh besar kepada Facebook, namun boikot perusahaan-perusahaan teknologi informasi ternama ini ditambah munculnya gerakan #dollefacebook, sedikit banyak menjadi tamparan baru yang harus dihadapi oleh raksasa medsos ini bersamaan dengan terjunnya harga sahamnya.

Nasib Para Pendiri Facebook, Apakah Sebaik Mark Zuckerberg? detikInet Facebook di masa awal. Foto: istimewa
Nasib Para Pendiri Facebook, Apakah Sebaik Mark Zuckerberg? detikInet Facebook di masa awal. Foto: istimewa

“Kami sedang beristirahat dari Facebook,” kata Mozilla dalam postingan blog mereka pada Rabu (21/3/2018). Perusahaan yang menciptakan browser web Firefox ini mengatakan, aksi ini akan menekan promosi mereka di Facebook dengan tidak memposting di halaman Facebook-nya.

Namun Mozilla mempertimbangkan untuk kembali jika Facebook mengambil tindakan lebih kuat untuk melindungi data pengguna dan meningkatkan pengaturan privasi.

Postcomended   800 Perawat Indonesia Jadi Petugas "Cleaning Service" di Jepang (2)

Bank Jerman, Commerzbank, setelah mengevaluasi keamanan data, menyatakan bahwa mereka telah menahan untuk menempatkan iklan di Facebook. Sonos, perusahaan pembuat speaker dan perangkat elektronik lainnya, juga menyatakan telah menarik iklan selama seminggu dari Facebook dan konco seperti Instagram, bahkan juga dari Google dan Twitter.

Aementara itu, pemilik Tesla, Elon Musk, bercuit di Twittetr bahwa ia akan mengistirahatkan akun Tesla dan SpaceX di Facebook. Pada Kamis (22/3/2018) sore, situs-situs perusahaan itu tidak aktif. Tesla dan SpaceX tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Sejumlah Kebijakan yang Bikin Facebook Didemo detikInet Foto: Istimewa
Sejumlah Kebijakan yang Bikin Facebook Didemo detikInet Foto: Istimewa

Aksi perusahaan-perusahaan ini mungkin hanya sementara, namun tak ayal menambah pening kepala Facebook sejak berita tentang kebocoran itu pecah seminggu yang lalu. Perusahaan menghadapi kritik karena sang CEO, Mark Zuckerberg, dan COO-nya, Sheryl Sandberg, tidak berbicara sampai lima hari setelah kabar tersebut pecah.

Harga saham Facebook nyungsep hingga 14 persen. Hingga saat ini, gerundelan pengguna belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Postcomended   Ilmuwan Cemaskan Komitmen "Donald Trump-nya Brasil" terhadap Nasib Hutan Amazon

Facebook sempat meremehkan aksi kalangan bisnis ini. “Sebagian besar bisnis yang kami ajak bicara minggu ini senang dengan langkah-langkah yang telah kami uraikan untuk lebih melindungi data orang, dan mereka memiliki keyakinan bahwa kami akan menanggapi tantangan ini dan menjadi mitra dan perusahaan yang lebih baik sebagai hasilnya,” sebut pihak Facebook dalam sebuah pernyataan ketika ditanya tentang pembelotan pengiklan.

Allen Adamson, pendiri konsultasi pemasaran merek Metaforce, mengatakan, faktanya sebagian besar pengiklan membutuhkan Facebook sebagai platform karena jangkauannya sangat besar. Sehingga boikot ini, kata Allen, kemungkinan hanya sementara.
“Jika Anda tidak menggunakan Facebook, opsi (medsos) lainnya tidak bagus.” (*/AP)

 

#socialmedia #marketing #digital #propaganda #facebook #digitalart #branding #publicidade #twitter #business #marketingdigital #digitalmarketing #advertising #entrepreneur #startup #entrepreneurship #digitalpainting #socialmediamarketing #sales #digitaldrawing #onlinemarketing #success #empreendedorismo #smallbusiness #mkt #midiassociais #marketingtips #seo #networking #photoshop


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work