Sekolah Hanya Tiga Jam tanpa PR dan Ujian, Pendidikan Negara Ini ... Tribun Batam - Tribunnews.com Sekolah Hanya Tiga Jam tanpa PR dan Ujian, Pendidikan Negara Ini Jadi Terbaik di Dunia

Sekolah Hanya Tiga Jam tanpa PR dan Ujian, Pendidikan Negara Ini … Tribun Batam – Tribunnews.com Sekolah Hanya Tiga Jam tanpa PR dan Ujian, Pendidikan Negara Ini Jadi Terbaik di Dunia

Sistem pendidikan Finlandia berada di puncak peringkat dunia, berkelompok dengan Singapura, Jepang, dan Inggris. Selain menghasilkan beberapa siswa terbaik di dunia, Finlandia juga memiliki anak sekolah paling bahagia di dunia. Ada kesamaan ketiga negara ini dalam sistem pendidikannya, yakni: bermain! Dan ketika waktu sekolah di Finlandia hanya tiga jam, Indonesia dengan hebatnya menetapkan delapan jam bahkan “full day”.

Di tengah isu kegelisahan dan stress anak-anak usia sekolah yang sedang menjadi fokus perhatian di kalangan orang tua, menjadi penting untuk bertanya: apa rahasia Finlandia? Jawabannya: bermain dan tak ada pekerjaan rumah.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Collective Evolution, disarikan dari dokumenter Where to Invade Next? oleh Michael Moore, guru dan pejabat sekolah Finlandia berbagi aspek yang paling integral dari sistem sekolah mereka. Semua itu didasarkan pada prinsip bahwa anak-anak harus diizinkan menjadi anak yang baik.

Postcomended   Awas, Mendengkur adalah Indikasi Tersumbatnya Jalan Napas (3)

“(Siswa Finlandia) tidak memiliki pekerjaan rumah,” kata Krista Kiuru, Menteri Pendidikan Finlandia. “Mereka harus memiliki lebih banyak waktu untuk menjadi anak-anak, menjadi anak yang masih muda, menikmati hidup mereka,” ujar Krista.

Jadi, anak-anak bukannya malah terjebak di rumah dan di depan meja belajar mereka. Anak-anak Finlandia bisa menjelajah, bertemu dengan teman, dan memanjat pohon. Belajar mengembangkan diri di luar kelas, tidak dalam bentuk pekerjaan rum

“Mereka bisa pulang untuk memanjat pohon, mencari tahu tentang serangga yang berbeda dan mereka bisa datang ke sekolah keesokan harinya dan memberi tahu saya tentang apa yang mereka temukan,” kata seorang guru kelas satu, Anna Hart.

Postcomended   Hati-hati, Situs Porno ataupun Religi Bisa Jadi Berisi Malware

Anak-anak Finlandia yang lebih muda hanya menghabiskan waktu di sekolah 20 jam seminggu; sekitar tiga atau empat jam sehari. “Otak Anda harus santai sesekali. Jika Anda terus-menerus bekerja, maka Anda berhenti belajar. Dan tidak ada gunanya melakukan hal itu untuk jangka waktu yang lebih lama,” kata kepala sekolah Leena Liusvaara.

Orang dewasa, kata Leena, merasa sulit menyelesaikan sesuatu saat mereka terlalu banyak bekerja dan lelah, apalagi anak-anak.

Sementara itu, ketika Finlandia siap melahirkan sejumlah peraih Nobel, Indonesia masih berkutat dengan berapa jam anak-anak harus sekolah dalam sehari. Saat ini, pemerintah masih sedang menggodok kembali aturan tersebut karena banyak penolakan, khususnya dari kalangan institusi keagamaan.

Pada 19 Juni 2017, Presiden Joko Widodo secara resmi meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengkaji ulang rencana program Penguatan Pendidikan Karakter yang berisi aturan sekolah 8 jam atau hampir sama dengan prinsip full day school.

Institusi keagamaan resah dengan rencana penerapan aturan ini karena full day school bisa mematikan sekolah-sekolah agama seperti Madrasah Diniyah yang biasanya dilakukan sepulang sekolah formal.(***/Smartparenting/Kompas)