#PesonaIndonesia

Selamat Bergabung GenPI Bali

Selamat Bergabung GenPI Bali | Genpi Banten Genpi Banten Selamat Bergabung GenPI Bali

Selamat Bergabung GenPI Bali | Genpi Banten Genpi Banten Selamat Bergabung GenPI Bali

Sehari sebelum dimulainya Rakornas Pariwisata I, jumlah keanggotaan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bertambah. Rabu (21/3), GenPI Bali secara resmi diumumkan sebagai anggota ke-20.

GenPI Bali diharapkan bisa memperkuat destinasi digital dan nomadic tourism. Dua hal ini juga yang akan dibahas dalam rakornas, 22-23 Maret, di Bali.

Deklarasi GenPI Bali dilakukan di Desa Budaya Kertalangu, Kesiman, Denpasar. Deklarasi dihadiri Staf Khusus Menteri Pariwisata bidang Komunikasi Don Kardono, Ketua GenPI Nasional Mansyur Ebo, serta Kadispar Provinsi Bali AA Yuniartha.

“Selamat Bali. Selamat bergabung di keluarga besar GenPI. Segera aktif. Segera susun strategi untuk memperkuat pariwisata Bali,” kata Don Kardono.

Menurut Don, bergabungnya GenPI Bali akan membuat Rakornas Pariwisata I semakin berwarna.

“Ini menjadi Pelengkap. GenPI sudah ada di 20 dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Tinggal 14 Provinsi lagi. Tugas pertama sudah menunggu. Besok ada Rakornas Pariwisata I di Bali Nusa Dua Convention Center. Ini merupakan momentum kawan-kawan untuk menunjukkan eksistensi,” lanjut Don Kardono.

Postcomended   Halal Tourism, Pemikat Hati Traveler Milenial

Dijelaskannya, GenPI merupakan motor promosi pariwisata. Dihuni anak-anak muda, awak GenPI akan aktif melakukan penetrasi pasar. Eksekusinya memakai konsep go digital. Fokusnya, mengoptimalkan peran medsos agar promosi pariwisata menjadi lebih efektif. Termasuk untuk menjual destinasi yang ada di Indonesia.

“GenPI harus menuliskan semua hal menyangkut potensi pariwisata daerahnya masing-masing. Mereka lalu memviralkannya melalui medsosnya. Konsep seperti ini jauh lebih efektif. Yang penting no hoax, no SARA, dan no politics,” jelasnya.

GenPI, lanjut Don Kardono, merupakan komunitas yang bersifat sosial atau volunter. Maka harus diaktivasi dengan acara agar terus aktif. Bisa melihat Calendar of Events, destinasi wisata, maupun kebijakan kepariwisataan yang ada.

“Salah satu yang harus segera di kerjakan adalah membuat destinasi digital. Bentuknya berupa pasar anak muda yang dilaksanakan setiap minggu. Ini merupakan salah satu bentuk aktifasi dari GenPI,” jelas Don Kardono.

Postcomended   Asian Games 2018, Reog, dan Tarian Nusantara Dipromosikan di Hiroshima

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan selamat atas terbentuknya GenPI Bali. Menurutnya, GenPI Bali akan menambah akselerasi serta promosi pariwisata Bali.

“Selamat datang GenPI Bali. Tetap semangat untuk mempromosikan pariwisata secara digital. Ingat Bali merupakan gerbang pariwisata Indonesia,” kata Menpar.

Menpar pun kembali mengingatkan kembali untuk terus berkreasi sehingga potensi pariwisata daerah dapat terus terdongkrak. “Selalu ingat 2C, sebagai komunitas harus memiliki Creative Values dan Commercial Values. Belajar berkolaborasi, belajar services, belajar berbisnis melalui Digital Destination. Sehingga nantinya kreativitas ini dapat menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” terang Menpar.

GenPI merupakan bagian dari implementasi program yang telah ditetapkan Kemenpar RI untuk 2018. Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi Bali juga harus memberikan dukungan penuh. Sehingga nantinya terjalin kerjasama yang baik.

“Karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan berbagai pihak terkait pariwisata, termasuk komunitas yang sekarang telah resmi sebagai GenPI Bali, yang siap memviralkan pariwisata Provinsi Bali di dunia maya. GenPI Bali. Gasss!,” kata Mantan Dirut PT Telkom tersebut. (*)

Postcomended   Happy Five, Obat Resep Dokter yang Disalahgunakan

#WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top