Hisyam Jamaluddin Akbar Romdloni » PONOROGO Hisyam Jamaluddin Akbar Romdloni - Universitas Muhammadiyah Malang1024 × 680Search by image reogponorogo. PONOROGO ...

Hisyam Jamaluddin Akbar Romdloni » PONOROGO Hisyam Jamaluddin Akbar Romdloni – Universitas Muhammadiyah Malang1024 × 680Search by image reogponorogo. PONOROGO …

Ponorogo dikenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog. Julukan ini diberikan karena merupakan daerah asal dari kesenian Reog. Ponorogo juga dikenal sebagai Kota Santrikarena memiliki banyak pondok pesantren, salah satu yang terkenal adalah Pondok Modern Darussalam Gontor. Pondok pesantren ini terletak di desa Gontor, kecamatan Mlarak.

Ponorogo adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di sebelah barat dari provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini juga berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya 220 km arah barat daya dari ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Jika kalian berjalan-jalan di kawasan Ponorogo, terasa kurang lengkap apabila tidak mengunjungi kompleks Taman Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Alun-Alun. Malam hari suasana taman Pemkab ramai pengunjung. Jika kalian ingin (merasakan keindahan) kompleks taman Pemkab Ponorogo, disarankan tidak datang terlalu malam. Paling tidak datang awal sekitar pukul 19.00, karena taman Pemkab akan ditutup pukul 22.00.

Saya dan ketiga sahabat berangkat pukul 18.30 dari kampus Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Sebelum sampai di taman Pemkab kami mengisi perut di sebuah warung. Sebuah warung yang cukup sederhana. Warung ini terletak di pinggiran perumahan dengan cahaya remang-remang.

Bu IKA 0856-5926-9166 | Agen FiforLif Kabupaten Ponorogo FIFORLIF SUPERFIBER628 × 419Search by image DIBUTUHKAN Agen FiforLif Kabupaten Ponorogo

Bu IKA 0856-5926-9166 | Agen FiforLif Kabupaten Ponorogo FIFORLIF SUPERFIBER628 × 419Search by image DIBUTUHKAN Agen FiforLif Kabupaten Ponorogo

Kami berempat memesan makanan dengan menu Ikan Lele. Cukup lahap kami menyantap, maklum saja terakhir kami makan pukul 07.30 pagi tadi. Setelah beristirahat sebentar mencerna makanan. Kami berangkat Pukul 19.18. Selama perjalanan menuju taman saya menikmati keindahan sekeliling kota Ponorogo sambil bercengkrama dengan Jalil salah seorang yang mengantarkan saya naik motor. Dua puluh menit kemudian kami sampai di sebuah masjid Agung. Disini kami parkir motor.

Tujuan kami ke taman Pemkab adalah mengantarkan temanku Cindy membeli oleh-oleh khas kota Ponorogo. Sepanjang jalan banyak pedagang yang menjual pernak-pernik. Toko pertama menjual segala macam seperangkat Reog. Adapula gantungan kunci, kalung, topi, baju, dan masih banyak lagi. Harganya pun tidak terlalu mahal. Harga yang ditentukan pun sesuai dengan kondisi barang yang didapat. Setelah memperoleh barang yang diinginkan, kami berjalan menuju taman Pemkab.

Postcomended   #mudik2018 Nuansa Ramadan Dan Lebaran Di Jawa Timur Bakal Heboh

Taman Pemkab berada di sebelah utara Alun-alun Ponorogo. Di luar kami disuguhkan sebuah replika patung yang berukuran besar. Kami sempatkan berfoto di sana. Setelah itu kami masuk ke dalam menikmati keindahan taman. Di dalam taman ada  kompleks Pendopo (Pendhapa) Agung sebagai pemerintahan.

Grebeg Suro dan hari jadi Kabupaten Ponorogo | Good News from ... Good News from Indonesia900 × 600Search by image Grebeg Suro dan hari jadi Kabupaten Ponorogo | Good News from Indonesia

Grebeg Suro dan hari jadi Kabupaten Ponorogo | Good News from … Good News from Indonesia900 × 600Search by image Grebeg Suro dan hari jadi Kabupaten Ponorogo | Good News from Indonesia

Kami mencoba masuk ke dalam pendapa, sungguh megah dan indah. Ukiran dan pahatan pendapa sangat mengagumkan. Sebelah timur terdapat kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), beberapa ruko, dan Masjid Agung yang dibangun oleh Raden Mas Adipati Aryo Tjokronegoro pada tahun 1858.

Postcomended   Surveyor Indonesia Resmikan Laboratorium Lingkungan dan Preparasi Batubara Cabang Palembang

Di depan gedung DPRD ada lampu jalan dan tanaman bunga. Selesai berkeliling kami berempat keluar dari pendapa. Di depan pendapa terdapat tempat duduk, kami berempat duduk menikmati semilir angin malam kota Ponorogo. Kami menyempatkan untuk  berfoto.  Setelah itu, kami merenung sendiri-sendiri. Saya mencoba mengamati sekitar.

Bila kita amati seksama kawasan Pendapa Agung dijaga oleh tujuh ekor patung harimau dengan seorang pawang di belakangnya yang mengangkat pecut atau cemeti. Di kanan dan kiri patung harimau terdapat taman yang biasa disebut Blok M (M untuk kata Macan). Jalan masuk menuju taman Pemkab berada di sebelah kiri patung harimau.

Kemudian, di dalam taman terdapat patung Dewi Sanggalangit. Merupakan seorang putri yang dikisahkan dalam mitos sebagai putri dari kerajaan Kediri. Sosok yang hendak dilamar Prabu Klanasewandana dalam alur tari Reog Ponorogo.  Di belakang patung Dewi Sanggalangit terdapat kolam yang di atasnya terdapat dua patung singa.

Postcomended   19, 20, 21 Agustus dalam Sejarah: Perbudakan di AS Dimulai

Menurut teman saya asli kota Ponorogo patung singa tersebut sebagai penjaga di depan area Pendapa Agung. Di belakang bangunan pendapa agung terdapat rumah dinas Bupati Ponorogo yang biasa disebut Pringgitan.

Di kanan dan kiri kompleks taman depan Pendopo Agung, terdapat beberapa bangunan milik pemerintah seperti gedung Pemkab, gedung Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), gedung serbaguna untuk umum Sasana Praja, gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA), gedung Kantor Bupati, dan juga beberapa arca peninggalan yang ditemukan di daerah Ponorogo.

Mengingat betapa besar makna dari Taman Pemkab dan bangunan yang ada di kompleks tersebut, maka setiap renovasi yang dilakukan tidak boleh sembarangan apalagi hingga menghilangkan jejak sejarahnya.