Top ten facts you probably didn't know about Robert Mugabe The South African426 × 312Search by image Mugabe Gaddhafi

Top ten facts you probably didn’t know about Robert Mugabe The South African426 × 312Search by image Mugabe Gaddhafi

Partai berkuasa Zimbabwe, Zanu PF, akhirnya memecat Robert Mugabe sebagai pemimpinnya, Minggu (19/11/2017) sekaligus memberi waktu diktator 93 tahun ini kurang dari 24 jam untuk berhenti sebagai kepala negara atau menghadapi pemakzulan. Mugabe adalah satu-satunya presiden Zimbabwe sejak merdeka dari Inggris 1980. Sejak itu, Mugabe tak pernah berniat turun takhta. Saat Presiden Suharto mundur 1997, mahasiswa Zimbabwe terinspirasi dengan meneriakan “Suharto, Mugabe”. Namun mahasiswa Zimbabwe dinilai tak semilitan mahasiswa Indonesia. Tahun ini, Mugabe bahkan masih berniat mencalonkan diri lagi untuk pemilihan presiden mendatang.

Pemecatan Mugabe merupakan bagian dari upaya untuk mengakhiri “masa damai” 37 tahun Mugabe berkuasa setelah sebuah kudeta de facto. Seorang pejabat senior partai tersebut dalam sebuah konferensi pers mengatakan, Mugabe akan digantikan oleh Emmerson Mnangagwa, wakil presiden yang dipecat Mugabe belum lama ini.

Mnangagwa yang juga mantan kepala keamanan negara yang dikenal dengan nama “Crocodile” ini, sekarang bersiap memimpin sebuah pemerintahan persatuan sementara pasca Mugabe yang akan fokus pada pembangunan kembali hubungan dengan dunia luar dan menstabilkan ekonomi di alam merdeka.

Postcomended   Zimbabwe Terancam Keluar dari Tiranisme, Masuk Tiranisme Lainnya

Pengumuman tersebut disambut sorak sorai 200 delegasi Zanu PF yang masuk ke markas partai di Harare, ibukota Zimbabwe, untuk “menyegel” nasib Mugabe, yang dukungannya telah hancur dalam empat hari sejak tentara merebut kekuasaan.

Istri Mugabe, Grace Mugabe (52), yang memiliki ambisi menggantikan suaminya, juga dikeluarkan dari partai tersebut. Begitu juga dengan setidaknya tiga menteri kabinet yang telah membentuk tulang punggung faksi politik “G40” sang istri.

Pemecatan Mnangagwa diduga merupakan manuver Mugabe untuk melempangkan jalan sang istri ke kursi presiden.

 

Sebelumnya, seorang pengamat mengatakan bahwa jika Mnangagwa naik ke tampuk pimpinan, Zimbabwe hanya akan keluar dari tirani yang satu ke tirani yang lain.

Pada Juni 1998, saat terjadi krisis ekonomi global yang berujung lengsernya Presiden Suharto di Indonesia, ribuan mahasiswa terinspirasi; turun ke jalanan Harare dan meneriakkan: “Suharto, Mugabe”. Hal ini diungkapkan wartawan Mail & Guardian (koran mingguan yang berkantor di Afrika Selatan), Iden Wetherell, seperti dilansir situs BBC.

Salah satu tulisan di spanduk yang dibawa para mahasiswa saat itu: “Mugabe turun. Kami lelah dengan kezalimanmu, kesombongan dan ketololanmu”.

Postcomended   Pembunuhan Saudara Tiri Diktator Korut: Siti Aisyah Terancam Digantung

Mugabe, tulis Wetherell, diliputi tuduhan mirip dengan kepada Suharto, yakni bahwa anggota keluarganya menggunakan koneksi mereka untuk mendapatkan “perjanjian” besar.

Pengritik Mugabe, pengamat politik John Makumbe (alm), pernah menilai, mahasiswa Zimbabwe tak semilitan mahasiswa Indonesia. Orang Indonesia, kata Makumbe, dikenal berani bunuh diri untuk suatu tujuan. “Namun (di sini) bila ada mahasiswa yang ditembak, yang lain segera balik ke asrama,” kata Makumbe.

Pada pemilu 2008, Mugabe sebenarnya kalah dari Morgan Tsvangirai. Namun karena masih didukung militer, dia berhasil memaksakan kehendaknya yang membuat Tsvangirai memilih mundur untuk melindungi serangan terhadap pendukungnya.

“Hanya Tuhan yang bisa menyingkirkan saya dari jabatan,” kata Mugabe ketika itu, sambil melakukan tindakan represif terhadap pendukung Tsvangirai. Padahal sebelumnya dia telah dengan pede menyatakan, “Jika Anda kalah dalam pemilihan dan ditolak oleh rakyat, itu waktunya untuk meninggalkan politik.” Toh ambruknya perekonomian, memaksa Tsvangirai dilantik sebagai perdana menteri.

Postcomended   Dikabarkan Sakit, Diktator Gaek Zimbabwe Masih Ingin Menang 2018

Selama ini Mugabe tak tergoyahkan karena dia dianggap pahlawan revolusioner, yang berjuang melawan penguasa kulit putih yang minoritas, untuk kebebasan rakyatnya. Mugabe disebut menasionalisasi tanah-tanah milik orang kulit putih untuk didistribusikan ke warga asli untuk kesejahteraan rakyat Zimbabwe; namun modal retorikanya ini tak pernah terwujud.(***/reuters/bbc)

 

Share the knowledge