Lifestyle

Gula Menghancurkan Reputasi Minuman Sehat Ini

Getty Images/Joe Raedle

Yogurt yang dijual di supermarket umumnya memiliki kandungan gula yang banyak (Getty Images/Joe Raedle –via Bussines Insider)

Yogurt memang menyehatkan karena bersifat probiotik. Tapi Apakah Anda berani meminumnya tanpa diberi tambahan pemanis? Kenyataannya, satu penelitian baru memperingatkan, kebanyakan yogurt yang terdapat di supermarket memiliki kadar gula yang tinggi. Yogurt organik berada di antara pelanggar terburuk.

Dilansir laman CNN, peneliti menganalisis lebih dari 900 merek yogurt yang ditemukan di supermarket Inggris dan menemukan bahwa hanya 9% dapat digolongkan sebagai rendah gula yang mengandung kurang dari lima gram gula per 100 gram. Sementara itu, hanya 2% dari yogurt anak-anak yang rendah gula.

Penelitian ini juga memperingatkan efek “halo kesehatan” yang mengarahkan konsumen untuk secara otomatis mengasumsikan bahwa produk organik lebih sehat, meskipun kategori ini justru merupakan yogurt yang paling manis.

Postcomended   Toto Sering Kunjungi Dada Rosada, Adhli: Biar Bandung Tetap Kondusif

Yogurt organik mengandung rata-rata 13,1 gram gula per 100 gram, yang kira-kira setara dengan tiga gula batu, sementara yogurt anak-anak rata-rata 10,8 gram. Yogurt Yunani dan alami adalah varietas paling manis, dengan rata-rata lima gram per 100 gram. Yogurt yang ditandai sebagai “makanan penutup” mengandung gula terbanyak, dengan rata-rata 16,4 gram per 100 gram.

“Sementara yogurt mungkin kurang memperoleh perhatian dibanding minuman ringan dan jus buah, sumber utama bebas gula pada diet anak-anak dan diet dewasa, apa yang mengkhawatirkan adalah bahwa yogurt, sebagai ‘makanan sehat’ yang dirasakan, mungkin menjadi sumber yang belum diakui bebas gula/ditambahkan,” tulis paa peneliti.

National Health Service (NHS) Inggris merekomendasikan bahwa orang dewasa tidak mengonsumsi gula hingga melebihi 30 gram setiap hari, baik gula yang ditambahkan atau yang secara alami ditemukan dalam makanan. Sementara orang tua didorong untuk tidak memberi anak-anak di bawah 4 tahun makanan dengan tambahan gula.

Postcomended   Remaja Inggris Tewas Bersimbah Darah: di Perutnya Ditemukan Lima Kantung Ekstasi

Pada 2016, Public Health England (PHE) mendesak industri makanan untuk mencapai 20% pemotongan tingkat gula dalam makanan sehari-hari pada tahun 2020, dengan sasaran 5% dalam tahun pertama. Pada bulan Mei, agensi mengumumkan bahwa produsen yoghurt telah memenuhi target untuk tahun pertama.***

Postcomended   Masalah Populasi di Jepang Kian Pelik: Pada 2045 Hanya Tokyo yang Naik

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top