Bahaya Vaping! Wajah Seorang Pria Hancur Setelah Nyedot Asep Rokok ... TribunStyle.com - Tribunnews.com Wajah Seorang Pria Hancur Setelah Nyedot Asep Rokok Elektrik, Ini Alasannya

Bahaya Vaping! Wajah Seorang Pria Hancur Setelah Nyedot Asep Rokok … TribunStyle.com – Tribunnews.com Wajah Seorang Pria Hancur Setelah Nyedot Asep Rokok Elektrik, Ini Alasannya

Rokok elektronik kini tak hanya berbahaya untuk kesehatan, namun juga bisa meledak. Seorang pria Amerika Serikat (AS) dilaporkan meninggal ketika pena rokok elektroniknya (vape) meledak, dan pecahannya menusuk ke tengkorak. Hal ini diketahui dari sebuah pemeriksaan post-mortem terhadap pria tersebut. Disebutkan bahwa vape yang meledak ini memiliki baterai yang sama dengan yang digunakan untuk smartphone.

Menurut pejabat forensik, pria tersebut, Tallmadge D’Elia (38), juga disebutkan menderita luka bakar lebih dari 80% dari tubuhnya, saat vape-nya meledak. Mayatnya ditemukan oleh petugas pemadam kebakaran di kamar tidur yang terbakar di rumah keluarganya di resor pantai St Petersburg, Florida, AS, pada 5 Mei 2018 lalu.

Kematian pria yang diketahui berprofesi sebagai produser televisi ini telah ditetapkan sebagai kecelakaan. The Pinellas-Pasco Medical Examiner, seperti dilaporkan Tampa Bay Times, mengatakan, penyebab resmi kematiannya adalah “luka proyektil di kepala”.

Postcomended   Aksi sepeda ekstrem terbaik di Tahun 2017

Dua buah pena vape ditemukan di tengkoraknya, menurut otopsi. Rokok elektronik yang meledak itu diproduksi oleh Smok-E Mountain, kata pemeriksa medis. Insiden ini diyakini sebagai kematian pertama di AS akibat ledakan vape.

Christopher D’Elia, ayah Tallmadge, mengatakan kepada ABC Action News bahwa informasi mengenai anaknya itu adalah kejutan yang mengerikan. “Siapa pun yang kehilangan anak laki-lakinya tidak ingin karena sesuatu seperti ini,” katanya.

Pena vape yang digunakan D’Elia adalah apa yang disebut mod mekanik, yang berarti ia menarik daya langsung dari baterai dan tidak mengatur tegangan dengan cara yang sama seperti rokok elektrik lainnya.

Presiden Asosiasi Vaping Amerika mengatakan kepada New York Times, sebagian besar rokok elektrik lainnya memiliki fitur keamanan lebih dari mod mekanik. Fitur keamanan semacam itu dapat mencakup chip komputer.

Postcomended   Tour de Singkarak ETAPPE 3, Senin 20 November 2017, SIJUNJUNG - DHARMASRAYA

Seorang wakil dari produsen, Smok-E Mountain, menyalahkan baterai perangkat untuk insiden ledakan tersebut ketika berbicara kepada ABC Action News.

Pena Vape menggunakan baterai lithium-ion; baterai yang disukai untuk smartphone dan perangkat elektronik portabel lainnya karena mereka dapat memberikan listrik dalam jumlah besar dengan menggunakan sedikit ruang.

Baterai ini digunakan di seluruh dunia dengan beberapa insiden (ledakan ponsel). Pada tahun 2016 Samsung menghentikan penjualan ponsel Galaxy Note 7 karena ada beberapa yang terbakar ketika baterai mengalami hubungan singkat.

Menurut Administrasi Kebakaran AS, antara 2009-2016 ada 195 insiden terpisah ledakan dan kebakaran yang melibatkan rokok elektrik, mengakibatkan 133 luka akut, 38 di antaranya parah. Pada 2015, sebuah e-rokok meledak di wajah seorang pria Colorado berusia 29 tahun, mematahkan lehernya dan menghancurkan giginya. Munculny api pada bulan Januari tahun ini di Bandara Internasional Denver disalahkan pada baterai lithium-ion vape pen.(***/BBC)

Share the knowledge