Ekonomi

Sesumbar Tarif Curam antara Cina-AS, Belum Satupun yang Berlaku

Share the knowledge

Dubes China: Kami Segera Siapkan Balasan - pasarmodal www.inilah.com Inilah Pasar Modal Duta besar China, Cui Tiankai - (Foto: Istimewa)Dubes China: Kami Segera Siapkan Balasan - pasarmodal www.inilah.com Inilah Pasar Modal Duta besar China, Cui Tiankai - (Foto: Istimewa)

Dubes China: Kami Segera Siapkan Balasan – pasarmodal www.inilah.com Inilah Pasar Modal Duta besar China, Cui Tiankai – (Foto: Istimewa)

Cina tidak pernah menyerah pada tekanan dari luar dan akan memenangkan perang perdagangan dengan Amerika Serikat (AS), media-media negara Cina menekankan kesimpulan itu pada jam-jam setelah dua ekonomi dunia teratas, Cina dan AS, saling menarget tarif curam. Padahal hingga kini belum satu pun daftar tarif yang dikeluarkan kedua Negara yang berlaku.

Di Washington, pejabat pemerintah AS terus berusaha meredakan kekhawatiran pasar akan perang dagang, dan menyatakan kesediaan untuk merundingkan resolusi dengan Cina.

“Ada proses di sini. Akan ada bolak-balik, tetapi ada juga beberapa negosiasi,” kata Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, Larry Kudlow. “Saya pikir kami akan mendapatkan kesepakatan selama jangka waktu tertentu,” katanya dalam wawancara dengan Fox Business Network.

Postcomended   Waspadalah, Depresi Bisa Menyebabkan Masalah pada Ingatan

Duta besar Cina untuk AS, Cui Tiankai, mengatakan kepada wartawan di Washington, Rabu (4/4/2018), bahwa Beijing lebih suka menyelesaikan sengketa perdagangan melalui perundingan, tetapi corong resmi Cina mengambil sikap yang lebih keras.

Surat kabar corong penguasa, People’s Party’s Daily, mengatakan, langkah cepat Beijing setelah Washington mengumumkan tarif baru minggu ini telah membuat AS lengah. “Dalam 24 jam setelah Amerika menerbitkan daftar, Cina menarik pedangnya. Dan dengan kekuatan yang sama dan pada skala yang sama, melakukan serangan balik dengan cepat, penuh semangat dan dengan tekad,” kata surat kabar itu, Kamis (5/4/2018).

“Kepercayaan untuk mengetahui bahwa (Cina) akan memenangkan perang dagang, berasal dari skala pasar konsumen (Cina),” kata surat kabar itu, mencatat bahwa potensi pasar Cina tidak dapat dibandingkan dengan ekonomi lain.

Banyak produk konsumen dan perusahaan industri AS melihat pasar Cina sebagai sumber besar untuk pertumbuhan di masa depan mengingat terus meningkatnya jumlah orang yang bergabung dengan kelas menengah dan tingkat masyarakat Cina yang lebih kaya.

Postcomended   Pyongyang Bukan Lagi Ancaman Nuklir, Tapi Washington Skeptis

Daftar usulan AS senilai 50 miliar dolar AS untuk barang-barang Cina ditujukan untuk memaksa Beijing mengatasi apa yang dikatakan Washington sebagai pencurian kekayaan intelektual AS dan transfer teknologi dari perusahaan-perusahaan AS.

Cina dalam beberapa jam kemudian membalas dengan tarif yang mengancam pada impor AS termasuk kedelai, pesawat, mobil, wiski dan bahan kimia.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan Rabu malam bahwa proposal tarif AS akan merugikan AS secara “sangat mahal.” “Cina tidak akan takut atau mundur jika perang dagang tidak dapat dihindari. Negara tidak pernah menyerah pada tekanan eksternal,” kata Xinhua.

Sementara itu Kudlow mengatakan kepada Fox News, Rabu, “Saya percaya bahwa Cina akan mundur dan akan bermain bola.” Tak satu pun dari daftar tarif yang dikeluarkan oleh kedua negara telah berlaku. Washington akan mengadakan periode komentar publik yang diperkirakan akan berlangsung sekitar dua bulan, dan para pejabat Cina mengatakan implementasinya akan bergantung pada tindakan AS.


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top