Setelah 30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Mengundurkan Diri

Internasional
Share the knowledge

Tanoa menyebutkan alasannya, Nursultan Nazarbayef menyatakan mengundurkan diri setelah berkuasa hamper 3 decade (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=onm6w96XsGU)
Tanoa menyebutkan alasannya, Nursultan Nazarbayef menyatakan mengundurkan diri setelah berkuasa hamper 3 decade (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=onm6w96XsGU)

Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya setelah hampir 30 tahun berkuasa. Namun dia diduga akan mengangkat sendiri penggantinya. Nazarbayev telah memimpin negara kaya minyak ini sejak jatuhnya Uni Soviet.

Keputusan ini diumumkannya dalam pidato publik yang mengejutkan di televisi nasional pada Selasa (19/3/2019) malam. “Saya telah mengambil keputusan, yang tidak mudah bagi saya, untuk mengundurkan diri sebagai presiden,” kata Nazarbayev.

“Tahun ini akan menjadi 30 tahun sejak saya mengambil jabatan tertinggi (negara). Orang-orang memberi saya kesempatan untuk menjadi presiden pertama Kazakhstan yang merdeka,” ujarnya seperti dilansir laman The Guardian.

Pria berusia 78 tahun itu memimpin negara itu melalui gejolak ekonomi tahun 1990-an sambil mengonsolidasikan cengkeramannya pada kekuasaan. Pemilihannya (sebagai presiden) lebih menyerupai penobatan. Dia terakhir terpilih pada 2015 dengan 97,7% suara.

Nazarbayev pada kesempatan itu juga langsung mengumumkan Kassym-Jomart Tokayev, ketua majelis tinggi parlemen, yang akan mengambil alih sebagai penjabat presiden negara itu untuk sisa masa jabatannya sejalan dengan konstitusi,

Namun Nazarbayev tidak akan sepenuhnya keluar dari pemerintah. Dia mengatakan akan terus memimpin dewan keamanan dan tetap menjadi pemimpin partai Nur Otan, yang mendominasi parlemen. Ini dilakukan dalam upaya nyata mempertahankan pengaruhnya dan menjamin keamanannya di tahun-tahun setelah seorang pemimpin baru, yang kemungkinan akan dipilih sendiri, mengambil alih kekuasaan.

Postcomended   Maskapai Negeri Jiran Kembali Tempati Nomor Wahid Terbaik di Dunia

Valentina Matviyenko, ketua majelis tinggi parlemen Rusia, mengatakan pengunduran diri Nazarbayev tidak terduga dan sangat serius, lapor kantor berita RIA.

Pintu keluar Nazarbayev dapat memberikan peta jalan untuk bagaimana Vladimir Putin dapat melepaskan kekuasaan. Pemimpin Rusian ini, yang memiliki ikatan pribadi yang kuat dengan Nazarbayev, juga diposisikan sebagai presiden yang menua dalam sistem politik “pemenang-ambil-semua”.

Sementara Putin tidak mengatakan dia mempertimbangkan untuk pensiun, sebuah peran dalam aparat keamanan Rusia dipandang sebagai salah satu cara untuk menjamin keamanannya setelah meninggalkan kekuasaan.

Dikutip dari BBC, meskipun pengumumannya hari ini masih mengejutkan banyak orang, namun pengadilan mengonfirmasi bahwa presiden memiliki hak untuk mengundurkan diri. Nazarbayev adalah satu-satunya presiden Kazakhstan yang diketahui sejak Kazakhstan merdeka tahun 1991.

Postcomended   Sejak Ditemukan Bocah 9 Tahun, Mata Rantai Manusia Semakin Saling Terhubung

Banyak yang menganggapnya sebagai presiden seumur hidup, praktik umum di negara-negara otoriter di Asia Tengah. Dia menikmati popularitas besar, meskipun tidak pernah mungkin untuk mengukurnya secara obyektif karena kurangnya pemilihan yang bebas dan adil. Namun, karena krisis ekonomi, dia menghadapi ketidakpuasan yang tumbuh dari beberapa populasi.

Lahir pada 1940, Nazarbayev berkuasa sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kazakhstan yang ketika itu adalah bagian dari Uni Soviet. Setelah kemerdekaan, dia terpilih kembali melawan sebagian besar musuh pada 1999, 2005, 2011, dan –paling baru– pada 2015.

Namun perilaku setiap penyelenggaraan pemilu dikritik oleh pengamat asing. Sebagai negara besar seukuran Eropa Barat, Kazakhstan memiliki sumber daya mineral yang sangat besar dan potensi ekonomi yang sangat besar.

Sejak kemerdekaan setelah jatuhnya Uni Soviet pada 1991, investasi besar di sektor minyak telah membawa pertumbuhan ekonomi yang cepat, dan meredakan beberapa kesenjangan yang mencolok dalam kekayaan tahun 1990-an.***


Share the knowledge

Leave a Reply