Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

Setelah Justin Bieber, Giliran Shamima Begum Dijadikan Gambar untuk Target Penembakan

Share the knowledge

 

Gambar Shamima Begum, pengantin ISIS, dijadikan rentang untuk latihan menembak. Orang Inggris kesal pada Begum karena tidak menunjukkan penyesalan telah bergabung dengan organisasi teroris (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=cyc4zt65efo)

Gambar Shamima Begum, pengantin ISIS, dijadikan rentang untuk latihan menembak. Orang Inggris kesal pada Begum karena tidak menunjukkan penyesalan telah bergabung dengan organisasi teroris (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=cyc4zt65efo)

Satu tempat latihan menembak sedang mempertahankan keputusannya untuk menggunakan gambar Shamima Begum sebagai gambar rentang target penembakan. Tempat latihan menembak ini sebelumnya juga pernah menggunakan gambar sejumlah tokoh yang umumnya mengesalkan.

Begum (19) adalah seorang gadis remaja yang melarikan diri dari Inggris untuk bergabung dengan kelompok militan Negara Islam (ISIS) dan sekarang memohon agar diizinkan untuk kembali ke negara itu dengan anak ketiganya yang baru lahir.

Dilansir Newsweek, Ultimate Airsoft Range yang terletak di Wallasey, Inggris Barat Laut, mengatakan pihaknya telah menerima “catatan jumlah” permintaan dari pelanggan yang ingin menggunakan gambar Begum.

Begum berusia 15 ketika dia dan dua teman remajanya meninggalkan Inggris untuk melakukan perjalanan ke Suriah dengan niat bergabung dengan ISIS. Pemerintah Inggris sejak itu memerintahkan agar kewarganegaraan Inggrisnya dicabut untuk menghentikannya kembali.

Dikutip dari acara “Victoria Derbyshire” di BBC, rentang penembakan itu, di mana anak-anak semuda enam tahun diizinkan hadir jika ditemani oleh orang dewasa, sebelumnya telah menggunakan gambar sejumlah nama terkenal lainnya sebagai latihan target, termasuk Donald Trump, Adolf Hitler , Osama Bin Laden, hingga Justin Bieber.

Postcomended   Pendiri Huawei: Huawei Seperti Pesawat Rusak yang Masih Bisa Terbang

Politisi partai buruh, Angela Eagle, yang mewakili wilayah Wallasey, mengkritik penggunaan (gambar) orang sungguhan sebagai praktik target karena itu bias disalahtafsirkan. “Mereka seharusnya tidak menggunakan orang hidup sebagai target, terutama karena anak usia 6 tahun mungkin (ikut) bermain,” kata Eagle kepada BBC.

Dalam sebuah pernyataan kepada Daily Mail, Ultimate Airsoft Range menolak kritik tersebut. “Sasaran memberikan beberapa reaksi dan percakapan fantastis dan memungkinkan orang untuk bersenang-senang ringan dan membawa keluar anak batin kita semua,” kata seorang juru bicara.

“Apa yang menjadi gambar target tidak selalu mencerminkan pendapat pribadi dan kami tidak ingin memaafkan terorisme. Tetapi setelah menonton rekaman Shemema Begum (sic) yang diwawancarai, ada kurangnya empati yang dia tunjukkan dan kami memutuskan untuk mendengarkan pelanggan kami dan menggunakannya sebagai target.”

Postcomended   Adik Bintang "One Direction" Meninggal Dunia, Polisi: Kematiannya Tak Bisa Dijelaskan

Seperti diketahui, saat sebelum melahirkan, Begum memohon untuk bias kembali ke Inggris karena ingin melahirkan anaknya di sana dan hidup tenang kemudian di negara kelahirannya itu. Namun dalam wawancara dengan seorang wartawan di kamp pengungsian, Begum tidak menunjukkan penyesalan telah bergabung dengan ISIS.

Cuitan akun Ultimate Airsoft Range yang dihapus sebelumnya juga menunjukkan video poster target Begum yang berulang kali dicetak. Cuitan itu disertai tagar antara lain #traitors (pengkhianat).

Berbicara kepada The Times ketika dia masih hamil 9 bulan, Begum menjelaskan bahwa dia bukan lagi “gadis sekolah 15 tahun yang konyol” yang melarikan diri dari rumahnya di London Timur sambil menyatakan keinginannya untuk kembali.

Menggambarkan diri telah melarikan diri dari kantong ISIS di Baghuz, Suriah, dia menambahkan: “Saya tidak bisa menanggung penderitaan dan kesulitan dengan tetap ada di medan perang. Tetapi saya juga takut bahwa anak yang akan saya lahirkan akan mati seperti anak-anak saya yang lain. Jadi saya meninggalkan kekhalifahan. Sekarang yang ingin saya lakukan adalah pulang ke Inggris.”

Postcomended   Suara yang Diduga Baghdadi: Mengaku Kalah namun Terus Semangati Pengikutnya

Begum saat ini telah melahirkan anak ketiganya di kamp pengungsian. Sebelumnya dia teah memiliki dua anak yang keduanya meninggal karena sakit dan kekurangan nutrisi. Suaminya sendiri telah tewas dalam sebuah pertempuran. ***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top