Pencipta beberapa lagu hit dunia asal Indonesia, Marshal Manengkei, meninggal dunia pada 25 Agustus 2017. Tahukah anda bahwa sejumlah lagu hit dunia adalah ciptaan pria berkewarganegaraan Belanda, kelahiran Surabaya dan berdarah Minahasa ini? Lagu-lagu tersebut antara lain “Storybook Children” yang dinyanyikan Sandra & Andre’s, dan lagu kebangsaan anak-anak-nya PBB, “Song for the Children”.

Setelah hidup di negeri Belanda selama 46 tahun, pemilik nama lengkap Marshal Conradt Jules Manengkei, ini, akhirnya meninggal di tanah kelahiran yang lama dirindukannya ini, di usia 68 tahun. Dia meninggal di RS Medistra, Jakarta, setelah beberapa hari tak sadarkan diri.

Postcomended   Dengan Kaos Ngepas, Boss Telegram itu Datangi Indonesia

Dilansir Kawanua Post, Marshal akhirnya berhasil mewujudkan cita-citanya menjalani sisa hidup di tanah air tercinta, ketika pulang ke Indonesia pada 2012.

Namun sejumlah cita-citanya belum sempat terwujud. Kendati begitu, Marshal berhasil mendirikan Sanggar Bapontar, di Jakarta, sanggar komunitas budaya Minahasa.

Tabloid Nyata melaporkan, pria kelahiran 9 Maret 1949 ini terpaksa meninggalkan Indonesia bersama keluarganya pada 1965. Kekacauan yang terjadi saat itu membuat keluarga Marshal merasa khawatir akan keselamatan mereka. Mereka berimigrasi ke Eropa.

Pria yang menikah dua kali namun tak dikarunia anak ini, memiliki banyak kontribusi pada perkembangan musik Eropa-Belanda tahun 1970an. Dia misalnya memproduseri sekaligus menciptakan lagu-lagu untuk duet legendaris The Blue Diamonds.

Postcomended   Rencana Full Day School Dibatalkan

Selain menciptakan lagu mendunia seperti “Storybook Children” serta “Song for the Children” yang dinyanyikan Oscar Harris, lagu lainnya yang cukup dikenal di tahun 1960-an di Eropa adalah “Somewhere Between” dan “My Love”. Selamat jalan Marshal Manengkei. ***