Gunung Sinabung Meletus, Guguran Abu Vulkanis Capai Radius 4,5 ... Tribun Bali - Tribunnews.com Gunung Sinabung Meletus, Guguran Abu Vulkanis Capai Radius 4,5 Kilometer

Gunung Sinabung Meletus, Guguran Abu Vulkanis Capai Radius 4,5 … Tribun Bali – Tribunnews.com Gunung Sinabung Meletus, Guguran Abu Vulkanis Capai Radius 4,5 Kilometer

Sejak kembali meletus pada 2013, Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), belum pernah benar-benar istirahat lagi dari batuknya. Sudah puluhan nyawa melayang. Kejadian terakhir yang memakan korban jiwa adalah letusan pada Mei 2016.

Kamis, 20 Juli 2017, Sinabung kembali mengalami erupsi. Tinggi kolomnya mencapai 3.500 meter. Petugas pos pengamat Gunung Sinabung, Armen, kepada detikcom mengatakan, pada Kamis ini Gunung Sinabung sudah dua kali erupsi pada pukul 07.20 dan 11.13.

Guguran lava juga terjadi dengan jarak luncur 1.000 meter. Ada luncuran abu vulkanik, namun Armen menyebutkan, yang paling mematikan yaitu awan panas guguran, tidak ada.

Postcomended   Syahrini Tiga Minggu di Los Angeles Demi Pita Suara

Armen mengatakan, status Sinabung masih “awas” sehingga potensi erupsi masih bisa terjadi. (https://m.detik.com/news/berita/d-3567433/tinggi-erupsi-gunung-sinabung-capai-3500-meter).

Letusan terakhir Sinabung yang memakan korban jiwa terjadi pada Mei 2016. Dilaporkan ada 9 orang yang tewas, umumnya karena terkena awan panas, dan juga sesak napas karena menghirup abu vulkanik.

Sejak erupsi pada September 2013, gunung berketinggian 2.460 m ini tak terhentikan. Pengungsi mulai mengalami depresi, sampai ada yang dilaporkan bunuh diri

Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api lPusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, mengatakan, erupsi Sinabung bisa terus terjadi karena material lava pijar di bawah gunung maih sangat banyak.

Postcomended   Indonesia Belajar Minum Kopi Tanpa Ampas (3)

Suantika belum bisa memprediksi kapan erupsi akan berhenti. Jikapun bisa, akan membutuhkan pengukuran yang lebih global lagi di daerah gunung berada.

Dalam catatan sejarah, Gunung Sinabung pernah meletus pada 1600-an. Empat abad tertidur, gunung ini kembali aktif dengan letusan freatik pada 27 Agustus 2010. Namun dari penelitian arang batuan, tercatat pula bahwa Sinabung pernah meletus pada 1.200 tahun lalu.***(ra)

 

Share the knowledge