Internasional

Si Penyedot Cahaya Misterius untuk Pertama Kalinya Berhasil Dipotret

Share the knowledge

 

Ilmuwan Harvard untuk pertama kalinya berhasil mengabadikan lubang hitam alias blackhole (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Jj2pMbhG3KM)

Ilmuwan Harvard untuk pertama kalinya berhasil memotret lubang hitam alias blackhole (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Jj2pMbhG3KM)

Jika selama ini Anda hanya bermimpi tersedot ke dalam lubang hitam, gambar pertama lubang hitam yang sebenarnya telah diungkapkan para ilmuwan, Rabu (10/4/2019). Para ilmuwan mengatakan ujungnya panas lagi gelap. Layakkah temuan ini mendapat Nobel?

Selain itu, para ilmuwan astronom ini menyebutkan seperti dilaporkan AP News, di ujung lubang hitam ini, cahaya membengkokkan dirinya dalam efek rumah kosmik. Untuk mengambil gambar dan mengumpulkan data lubang hitam ini, para astronom, mengerahkan delapan teleskop radio di seluruh dunia.

Para astronom menciptakan gambar yang menunjukkan lingkungan kasar di sekitar lubang hitam supermasif ini, suatu monster penghisap cahaya alam semesta yang diteorikan Albert Einstein lebih seabad lalu dan dikonfirmasi oleh pengamatan selama beberapa dekade. Dia ampak seperti cincin oranye menyala, kuning, dan hitam.

“Kami telah melihat apa yang kami pikir tidak dapat dilihat. Kami telah melihat dan mengambil gambar lubang hitam,” kata Sheperd Doeleman, astronom dari Harvard yang terlibat.

Jessica Dempsey, salah satu penemu dan wakil direktur Observatorium Asia Timur di Hawaii, mengatakan, gambar lubang hitam ini mengingatkannya pada Mata Sauron yang menyala-nyala dari trilogi “Lord of the Rings”.

Tidak seperti lubang-lubang hitam kecil yang berasal dari bintang-bintang yang runtuh, lubang hitam supermasif ini lahir secara misterius. Terletak di pusat sebagian besar galaksi, termasuk Bima Sakti kita. Dia sangat padat sehingga tidak ada –bahkan cahaya– yang dapat lepas dari tarikan gravitasinya.

Postcomended   Instagram Uji Coba Fitur Hapus Follower Tanpa Ketahuan

Tiga tahun lalu, para ilmuwan yang menggunakan sistem pengamatan luar biasa sensitif mendengar suara dua lubang hitam yang jauh lebih kecil bergabung untuk menciptakan gelombang gravitasi, seperti yang diprediksi Einstein.

Gambar baru ini diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters dan diumumkan di seluruh dunia dalam beberapa konferensi pers. Ilmuwan luar menyebutkan pencapaian ini layak mendapatkan hadiah Nobel, seperti halnya penemuan gelombang gravitasi.

Jika didefinisikan, lubang hitam (black hole) adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur darinya. Objek ini disebut “hitam” karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi.

Sementara banyak di sekitar lubang hitam jatuh ke spiral kematian dan tidak pernah terlihat lagi, gambar baru menangkap gas dan debu kosmis yang beruntung, berputar-putar cukup jauh untuk tak terhisap, dalam jarak di mana Bumi baru akan melihat cahanyanya jutaan tahun kemudian , kata Dempsey.

Untuk mengambil gambar lubang hitam ini, kata Dempsey, para ilmuwan membutuhkan waktu empat hari, dengan syarat cuaca yang sempurna di seluruh dunia dan posisi semua bintang harus benar-benar  sejajar.

Dempsey menyebutkan, gambar ini membantu mengonfirmasi teori relativitas umum Einstein seabad lalu yang bahkan meramalkan bentuk simetris yang baru saja ditemukan para ilmuwan. “Bentuknya bundar, tetapi di satu sisi cahayanya lebih terang,” kata Dempsey. Itu karena cahaya itu mendekati Bumi.

Postcomended   Singa Bunuh Ayah Anak-anaknya di Kebun Binatang, Para Pakar Terkejut #FacebookDown

Pengukuran dilakukan pada panjang gelombang yang tidak bisa dilihat mata manusia, sehingga para astronom menambahkan warna emas pada gambar dengan alasan cahaya lubang hitam ini sangat panas, ungkap Dempsey.

Apa yang ditunjukkan gambar tersebut adalah gas yang dipanaskan hingga jutaan derajat oleh gesekan gravitasi yang semakin kuat; gravitasi itu menciptakan efek rumah kaca, kata para ilmuwan.

Proyek ini menelan biaya 50-60 juta dollar AS (sekitar Rp 700-800 miliar), dengan 26 juta dollar AS (sekitar Rp 364 miliar)  berasal dari National Science Foundation.

Ahli astrofisika, Johns Hopkins Ethan Vishniac, yang bukan bagian dari tim penemuan tetapi mengedit jurnal tempat penelitian itu diterbitkan, menyebut gambar ini sebagai pencapaian teknis yang luar biasa yang memberi manusia gambaran gravitasi dalam manifestasinya yang paling ekstrem.

Mistisisme Lubang Hitam 

John Kormendy, astronom University of Texas yang bukan bagian dari tim penemuan, mengatakan, ini akan membuat kisah mistis lubang hitam dibuat lebih nyata. Menurutnya, kisah mistis lubang hitam di masyarakat selama ini sangat besar.

Ada mitos yang mengatakan bahwa lubang hitam akan mencabik-cabikmu, tetapi menurut Avi Loeb, direktur Black Hole Initiative di Harvard yang tidak terlibat penelitian, dan diaminkan oleh Kormendy, yang digambarkan dalam gambar itu begitu besar. Seseorang bisa jatuh ke dalamnya dan tidak akan terkoyak-koyak, tetapi mereka tidak akan pernah terlihat lagi.

Gambar pertama lubang hitam di galaksi yang pernah diabadikan disebut M87 yang berjarak sekitar 53 juta tahun cahaya dari Bumi. Satu tahun cahaya adalah 5,9 triliun mil, atau 9,5 triliun kilometer. Lubang hitam ini sekitar 6 miliar kali massa matahari.

Postcomended   Tes DNA Kerangka Ashkelon: "Penjahat-penjahat" Alkitab Ternyata Berasal dari Eropa Selatan

Data teleskop dikumpulkan oleh Event Horizon Telescope dua tahun lalu, tetapi butuh waktu lama untuk melengkapi gambar yang melibatkan sekitar 200 ilmuwan, superkomputer, dan ratusan terabyte data yang dikirim ke seluruh dunia dengan pesawat.

Tim melihat dua lubang hitam supermasif, M87 dan satu lagi berada di pusat galaksi Bima Sakti. Lubang hitam yang ada di galaksi kita sendiri lebih dekat tetapi jauh lebih kecil, sehingga mereka berdua terlihat memiliki ukuran yang sama di langit. Tapi yang lebih jauh lebih mudah untuk diambil gambarnya karena berputar lebih lambat.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top