Internasional

Siap-siap, Durasi Video Instagram Bakal Diperpanjang Lagi

Instagram dikabarkan akan menambah fitur baru yang bakal makin menghabiskan waktu para pengguna di depan layar ponsel. Platform berbagi gambar dan video pendek ini, dilaporkan media, sedang mempertimbangkan menghapus batasan durasi video. Pada Maret 2016, Instagram pernah memperpanjang durasi video dari hanya 15 detik menjadi 60 detik.

Fitur baru ini akan memungkinkan pengguna memosting video dengan durasi tak hanya maksimal 60 detik, melainkan satu jam. Dengan memperpanjang durasi hingga selama itu, Instagram akan berhadap-hadapan dengan YouTube dan bahkan perusahaan induknya sendiri, Facebook.

Perpanjangan durasi ini, seperti dilaporkan The Wall Street Journal via The Verge, diharapkan akan membuka fleksibilitas kreativitas baru bagi pengguna Instagram.

Rencana ini dideskripsikan sebagai tentatif, sehingga Instagram pada akhirnya dapat memutuskan untuk secara radikal memperpanjang waktu berjalan maksimum video pada platformnya.

Fitur baru ini menurut The Journal, akan fokus pada video berformat vertikal. Instagram Stories sudah dirancang dengan format video yang tinggi dan vertikal, dan laporan tersebut tidak menjelaskan apakah video yang lebih panjang akan diizinkan hanya di bagian aplikasi itu, atau juga diizinkan di “feed” utama.

Postcomended   Ikuti International Toba Kayak Marathon 2017

Saat ini, Instagram Stories dibatasi hingga 15 detik, sedangkan video di feed utama dapat berjalan sedikit lebih lama yakni 60 detik.

Fitur Stories memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap harinya pada November 2017 lalu. Instagram sendiri memiliki lebih dari 800 juta pengguna.

Dalam beberapa minggu terakhir, perusahaan diketahui telah mengadakan diskusi dengan mitra potensial (pencipta konten dan penerbit) tentang kemungkinan memproduksi video berdurasi lebih panjang tersebut.

Pada Maret 2016, Instagram juga pernah mengabarkan akan memperpanjang durasi video dari 15 detik menjadi maksimal 60 detik, dan akhirnya diterapkan juga.

Postcomended   Alih-alih Dokter, Cita-cita Anak Sekarang Ingin jadi Youtuber

Pihak Instagram kala itu mengemukakan alasan mereka ingin memberi penggunanya cara yang menyenangkan, fleksibel dan kreatif untuk membuat dan menonton video di Instagram.

“Video yang lebih panjang berarti cerita yang lebih beragam dari akun yang Anda sukai, apakah itu Selena Gomez yang bergaul dengan teman-teman atau tutorial rias wajah terbaru dari Bretman Rock,” sebut pernyataan yang dirilis Instagram kala itu.

Menurut Sephi Shapira, CEO perusahaan kinerja iklan seluler MassiveImpact, batas 60 detik –waktu itu– masuk akal karena terkait optimalisasi metrik penayangan.

“Ini tentang menjaga pengguna (tetap berada) di feed,” kata Shapira. Ini kata Shapira membuatnya berbeda disbanding YouTube di mana pengguna melompat dari video ke video. “Instagram ingin pengguna menyelesaikan (menonton) video,” ujarnya. (***/theverge/forbes)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top