Keluarga

Simak Tips Puasa untuk Penderita Diabetes

Tag: Ramadan - Ingin Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa? Simak Cara ... Tribunnews.com Ingin Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa? Simak Cara-caranya Berikut Ini!

Tag: Ramadan – Ingin Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa? Simak Cara … Tribunnews.com Ingin Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa? Simak Cara-caranya Berikut Ini!

Penting untuk kita tahu, penderita diabetes yang ingin puasa Ramadhan ternyata juga perlu memerhatikan beberapa hal. Tentu saja fakta ini memiliki alasan tertentu. Seperti yang kita tahu, penderita diabetes memiliki sejumlah pantangan tertentu. Akan tetapi bukan berarti semua itu akan membuat mereka tak bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.


Ada sejumlah hal penting yang bisa diatur oleh para penderita diabetes. Dengan begitu mereka pun akan bisa mengikuti ibadah berpuasa di bulan Ramadhan seperti umat muslim lain. Bila Anda salah satunya, maka ada sejumlah poin penting yang bisa disimak.

Penting untuk Penderita Diabetes yang Ingin Puasa Ramadhan
Para penderita diabetes yang ingin puasa Ramadhan juga perlu memerhatikan beberapa hal penting. Salah satu di antaranya seperti pengetesan kadar gula darah yang bisa dilakukan selama puasa yang dilangsungkan secara berkala. Hal ini wajib untuk dilakukan, terutama pada minggu pertama Ramadhan. Dengan begitu, gula darah Anda pun akan berada di level aman.
Seiring dengan kedatangan bulan suci Ramadhan, tips untuk penderita diabetes yang ingin puasa Ramadhan tersebut pun dipublikasikan oleh Qatar Diabetes Association atau QDA. Di dalam imbauan tersebut, QDA juga menegaskan bahwa pelaksanaan langkah pengetesan gula darah yang dilakukan tak akan membatalkan puasa.
Selain itu, tips selanjutnya pada penderita diabetes yang ingin puasa Ramadhan adalah bila penderita mendapat level gula darah yang anjlok atau di bawah 70 mg/dl, maka sesegera mungkin penderita membatalkan puasanya. Hal ini dilakukan demi kebaikan kesehatan para penderita diabetes itu sendiri.

Postcomended   Nyamuk yang Diasupi Bakteri Bisa Berantas Populasi Nyamuk Pembunuh #SURUHGOOGLEAJA

Tips untuk Penderita Diabetes yang Ingin Puasa Ramadhan
Selain beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti di atas, masih ada sejumlah tips untuk penderita diabetes yang ingin puasa Ramadhan. Beberapa tips tersebut antara lain seperti yang ada di bawah ini.
1. Perbanyak minum air putih
Untuk melindungi fungsi ginjal dan menghindari dehidrasi, para penderita diabetes diharuskan mengonsumsi banyak air pada saat sahur dan berbuka puasa. Hindari juga kurma, jus, dan kue kering bisa meningkatkan kadar gula darah secara tajam. Oleh karena itu, terapkan pola hidup aktif.
2. Hindari konsumsi makanan berlemak
Makanan berkadar lemak tinggi akan menaikkan kadar gula darah seperti hidangan yang digoreng atau makanan penutup. Dokter dan pemuka agama menyarankan penderita yang sudah memakai suntikan insulin disarankan untuk tak melakukan puasa, terlebih bila keadaan seperti ini dialami wanita hamil atau anak-anak.
3. Perbanyak sayuran
Para penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi sayuran saat berbuka puasa atau akan sahur.
4. Hindari konsumsi kafein
Penderita diabetes disarankan menghindari konsumsi kafein untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
Berbagai tips penting seperti yang ada di atas sangat penting untuk diperhatikan oleh penderita diabetes yang ingin puasa Ramadhan. Dengan menerapkan semua tips di atas, maka puasa Anda pun bisa lebih maksimal.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top