Sinyal Seluler Lebih Cepat di Banyak Negara daripada Wi-fi

Internasional
Share the knowledge

 

https://netandset.wordpress.com/2016/02/16/what-is-cellular-network/
jaringan seluler cenderung lebih cepat di banyak negara daripada wifi yang menggunakan jaringan telepon tetap (gambar dari: netandset.wordpress.com)

Kecepatan unduhan di jaringan seluler sekarang lebih cepat daripada wi-fi di banyak negara, menurut penelitian. Tes kecepatan di 80 negara mengungkapkan wi-fi tertinggal di 33 negara, menurut perusahaan pemetaan cakupan nirkabel OpenSignal. Ketika jaringan 5G tiba, jaringan seluler juga harus mendapatkan peningkatan kecepatan lebih lanjut.

Wi-fi tetap menjadi cara tercepat untuk online di sebagian besar negara yang disurvei, termasuk Inggris dan Irlandia. Namun OpenSignal seperti dilansir BBC mencatat,  bahwa karena siapa pun dapat mengatur jaringan wi-fi di lokasi yang sudah digunakan oleh orang lain, kinerjanya bisa tiba-tiba ketinggalan karena “kemacetan” pada  gelombangnya.

Sebaliknya, jaringan seluler harus melisensikan spektrum yang mereka gunakan, sehingga dalam teori, perusahaan mengatakan, mereka harus memberikan pengalaman yang lebih konsisten (kepada pelanggannya). “Persepsi bahwa jaringan seluler lebih rendah daripada wi-fi, salah,” tulis analis Ian Fogg dalam laporan penelitian tersebut.

Postcomended   22 Juni dalam Sejarah: Armada Cornelis de Houtman Mencapai Banten

Penduduk Australia menikmati keuntungan terbesar melalui wi-fi, dengan kecepatan unduh seluler rata-rata 13Mbps lebih cepat. Negara-negara lain dalam posisi yang sama termasuk Qatar, Prancis, Meksiko, Turki, dan Afrika Selatan. Sedangkan tempat di mana wi-fi rata-rata lebih dari dua kali kecepatan data seluler adalah termasuk Hong Kong, AS, Thailand, Israel, dan Rusia.

Di Inggris, wi-fi adalah sekitar 60% lebih cepat daripada seluler karena, kata laporan itu, jaringan tetap yang matang membantu data sampai ke hotspot dan ke pengguna dengan cepat. Perbedaan dalam kecepatan jaringan lebih terasa ketika hanya jaringan 4G terbaru yang diperhitungkan.

Hitung mundur ke 5G
Di 63% dari 50 negara tempat 4G tersedia, jaringan seluler lebih cepat, kata Fogg. Jeda hanya akan melebar setelah jaringan generasi kelima (5G) dihidupkan, karena sebagian besar peningkatan kecepatan wi-fi yang ditetapkan berasal dari upaya meningkatkan jaringan broadband tetap, yang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Postcomended   Demi Ngirit Waktu Melatih Anjing Polisi, Cina Mengkloning "Sherlock Holmes"

Namun, perusahaan pengukur kecepatan data lain memperingatkan bahwa butuh waktu agar manfaat jaringan bisa dibagikan oleh semua orang. “Infrastruktur yang dikerahkan untuk 5G kemungkinan tidak akan meluas ke daerah-daerah terpencil,” Kevin Hasley, kepala produk di RootMetrics, mengatakan kepada BBC. Karenanya, kata dia, wi-fi akan tetap menjadi alat penting untuk penyediaan koneksi internet cepat untuk segmen yang padat penduduk.

Meski begitu, OpenSignal mengatakan pembuat telepon perlu memastikan mereka tidak secara tidak sengaja mendorong konsumen smartphone ke jaringan wi-fi dengan pengalaman yang lebih buruk daripada jaringan seluler. Situs berita teknologi The Register mengatakan Huawei sekarang membuat ponsel yang melakukan tes untuk menemukan jaringan tercepat.

Laporan ini juga mencatat upaya Samsung untuk membuat ponsel yang terhubung ke wi-fi dan jaringan seluler untuk mengirim data dan meningkatkan kecepatan penelusuran.***


Share the knowledge

Leave a Reply