Ekonomi

Situs Blog Tumblr Kini Menjadi Sepupu WordPress

Share the knowledge

(gambar dari: https://imjustcreative.com/tumblr-gets-new-logo/2014/02/19)

(gambar dari: https://imjustcreative.com/tumblr-gets-new-logo/2014/02/19)

Verizon mengatakan, Senin (12/8/2019), bahwa pihaknya telah setuju menjual situs blog Tumblr kepada Automattic, perusahaan induk dari WordPress.com. Langkah ini akan menjadikan Automattic perusahaan ketiga yang memiliki Tumblr hanya dalam waktu enam tahun.

Tumblr menurut laman CNN adalah situs blog yang telah menjadi pusat konten internet paling aneh, indah, dan terkadang mengkhawatirkan. “Tumblr adalah salah satu merek Web paling ikonik,” kata CEO Automattic, Matt Mullenweg, dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah tempat penting untuk berbagi ide, budaya, dan pengalaman baru, membantu jutaan orang menciptakan dan membangun komunitas di sekitar minat bersama mereka.”

Yahoo mengakuisisi Tumblr senilai 1,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 15 triliun) pada 2013, menjadikannya akuisisi terbesar selama masa jabatan Marissa Mayer, CEO Yahoo terakhir sebelum dijual kepada Verizon.

CNN menyebut ini merupakan taruhan ambisius untuk membangkitkan kembali kekayaan Yahoo dengan menarik para pengguna dari kalangan generasi lebih muda yang terlibat secara hiper.

Mayer berjanji pada saat itu “untuk tidak mengacaukannya”, namun pada 2016, Yahoo terpaksa menuliskan sebagian besar nilai akuisisi Tumblr; bagian dari write down yang berasal dari perjuangan Yahoo untuk memenuhi tujuan penjualan 100 juta dollar AS yang ambisius untuk Tumblr. Write down adalah entri akuntansi yang mengurangi nilai aset karena penurunan nilai aset tersebut.

Postcomended   9 Juli dalam Sejarah: Johnny "Tarzan" Weissmuller Pecahkan Rekor Renang Gaya Bebas

Pada 2017, Yahoo –dan Tumblr– secara resmi diakuisisi oleh Verizon. Tapi tahun ini, Verizon telah memotong staf dari properti medianya karena memikirkan kembali investasinya dalam konten dan iklan digital.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin, CEO Verizon Media, Guru Gowrappan, mengatakan, kesepakatan untuk menjual Tumblr adalah puncak dari proses pemikiran yang menyeluruh dan strategis.

Sekilas tentang “Tumblr” 

Tumblr adalah situs blog yang dapat dijajarkan dengan WordPress dan Blogger. Meskipun ketiganya memiliki level berbeda, namun dikutip laman Digital Trends, tidak dapat dipungkiri bahwa WordPress, Tumblr, dan Blogger adalah tiga yang paling populer mengingat penerimaan mereka yang luas di dunia internet.

Postcomended   Kisah Temuan Sajadah di Gurun New Meksiko yang Cemaskan Seorang Peternak

Perbedaan mendasar ketiganya adalah, WordPress paling cocok untuk pengguna profesional yang ingin melengkapi blog mereka dengan peningkatan dan plugin, Tumblr menemukan landasan dengan cepat dalam hal posting berbasis komunitas yang biasanya dilapisi dengan gambar, sementara Blogger berjalan di jalan tengah antara keduanya dengan tingkat kesederhanaan dan penggunaan yang dapat digunakan siapa saja.

Namun menurut artikel Digital Trends, tidak seperti WordPress atau Blogger, aset terbesar Tumblr adalah komunitas pengguna yang berbagi konten satu sama lain. Mayoritas posting blog yang ada di Tumblr adalah “reblogs,” atau konten yang semula diposting oleh pengguna yang diposting oleh pengguna lain melalui tombol “reblog” yang praktis.

Konten tersebut dapat mencakup semuanya, mulai dari kutipan favorit hingga musik terbaru, tetapi sebagian besar posting terdiri dari foto yang cukup jelas atau meme internet. Tidak seperti dashboard WordPress, di mana pengguna dapat melihat semua fungsi administratif dan mekanisme situs mereka, dashboard Tumblr adalah feed yang sedang berlangsung yang mencakup posting blog mereka dan orang-orang yang mereka ikuti.

Postcomended   Rivalitas Misi Ruang Angkasa Murah Mengetat, Startup Cina Tuntaskan Tes Ketiga Roket "Reusable"-nya

Secara umum, Tumblr adalah gabungan blog dengan media sosial. Tumblr juga mengingatkan pada dua platform blog yang telah almarhum, Friendster dan Multiply.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top