PENYAKIT SKIZOFRENIA:Pengertian, Definisi, Gejala Dan Jenis - KUAKAP kuakap +PENYAKIT SKIZOFRENIA:Pengertian, Definisi, Gejala Dan Jenis - KUAKAP

PENYAKIT SKIZOFRENIA:Pengertian, Definisi, Gejala Dan Jenis – KUAKAP kuakap +PENYAKIT SKIZOFRENIA:Pengertian, Definisi, Gejala Dan Jenis – KUAKAP

Skizofrenia merupakan istilah medis yang digunakan dalam wilayah psikiatri untuk menjelaskan fenomena psikis pada manusia. Secara sederhana, skizofrenia bisa diartikan sebagai ketidakmampuan manusia membedakan antara yang nyata dengan yang palsu, antara yang asli dengan imitasi, yang fakta dengan yang fiktif. Tradisi filsafat barat, kemudian meminjam istilah milik psikiatri ini sebagai alat bantu untuk menjelaskan secara metaforis fenomena yang lebih luas, seperti bahasa, sosial, ekonomi dan politik, serta fenomena estetik.

Secara medis, jumlah terbesar para pengidap penyakit kejiwaan yang masuk rumah sakit jiwa adalah penderita skizofrenia. Dibandingkan jenis penyakit kejiwaan lainnya, skizofrenia adalah penyakit kejiwaan yang berperan paling besar dalam mengirim manusia ke rumah sakit jiwa. Penyebab skizofrenia adalah ketidakmampuan psikis manusia menerima kenyataan-kenyataan yang menghinggapinya sehingga harmonisasi otak menjadi kacau dan tidak mampu lagi membedakan dunia fantasi dengan realitas sebenarnya.

Lantas, bagaimana hubungan skizofrenia dengan filsafat bahasa, sosial ekonomi, dan estetika yang meminjam kerangka keilmuannya untuk menjelaskan masalah-masalah yang dihadapi? Manusia modern menghadapi masalah gelombang informasi yang berkelanjutan setiap saat. Informasi adalah urat nadi yang menentukan semua arah kebijakan manusia modern untuk menentukan sikap-sikap dalam politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga perilaku religius.

Kita dan Hiperealitas terjebak di dunia maya – Ridwanfan's Blog Ridwanfan's Blog - WordPress.com530 × 345Search by image Kita dan Hiperealitas

Kita dan Hiperealitas terjebak di dunia maya – Ridwanfan’s Blog Ridwanfan’s Blog – WordPress.com530 × 345Search by image Kita dan Hiperealitas

Informasi adalah pesan yang merupakan bagian dari proses komunikasi. Masalah akan muncul ketika manusia gagal dalam proses penyaringan. Komunikasi secara keilmuan adalah produksi dan pertukaran makna. Pesan, bukanlah mengirimkan informasi dari A ke B, tetapi suatu elemen dalam sebuah hubungan terstruktur elemen-elemen lainnya termasuk realitas eksternal dan produsen atau pembaca. Memproduksi dan membaca teks dipandang sebagai proses yang paralel, jika tidak identik, karena mereka mempunyai posisi sama dalam hubungan yang terstruktur ini. Struktur tersebut tidak bersifat statis, melainkan sebuah praktik yang sifatnya dinamis.

Postcomended   Menjadi Perekrut Budak Seks untuk Ritual Menyimpang, Aktris Serial “Smallville” Ditangkap FBI

Dunia pasca milenial adalah fenomena daring (dalam jaringan) atau lebih familiar dengan istilah “media sosial” yang diidentifikasi secara sempit munculnya berbagai fasilitas jejaring sosial seperti facebook, twitter, WA, BBM, dan berbagai aplikasi sejenis yang sebenarnya agak mustahil manusia memiliki waktu menggunakannya sekaligus. Namun, penggunaan jejaring sosial secara besar-besaran ini dimungkinkan dalam wilayah “bisnis isu” yang menghamburkan uang dalam jumlah aduhai.

Interaksi dalam jejaring sosial memang seringkali terpeleset ke dalam kondisi yang sulit dibedakan apakah fakta atau sekedar fiktif. Perbincangan jejaring sosial ini, menciptakan “kegaduhan dalam diam”, ketika manusia matanya tertuju kepada layar monitor dan otak mereka merespon informasi yang datang terlalu cepat dan bertubi-tubi. Dalam kondisi ini kemampuan menyaring otak wajar jika menurun sehingga informasi yang datang tertelan mentah-mentah. Akibatnya, manusia bereaksi spontan dan langsung memberikan vonis-vonis tanpa paham apakah hal tersebut memang harus, pantas, atau cukup diabaikan saja. Dan pada kondisi ini, kita terjebak menyangka informasi tersebut semuanya adalah fakta.

Riset 2 Tahun, Tarian Skizofrenia Tampil di Bandung - Regional ... Regional Liputan6640 × 360Search by image Riset 2 Tahun, Tarian Skizofrenia Tampil di Bandung

Riset 2 Tahun, Tarian Skizofrenia Tampil di Bandung – Regional … Regional Liputan6640 × 360Search by image Riset 2 Tahun, Tarian Skizofrenia Tampil di Bandung

Di wilayah studi linguistik dikenal istilah petanda dan penanda. Petanda adalah aspek mental dan penanda adalah aspek material. Petanda, dalam strukturalisme, dikatakan sebagai makna dari satu ungkapan. Sedangkan dalam pandangan postrukturalis, petanda hanya sebagai efek makna, yaitu efek yang ditimbulkan sebagai akibat dari pergerakan atau dialog antara satu penanda dan penanda lainnya. Ketika hubungan penanda dan petanda, atau di antara penanda-penanda ini terganggu, yaitu ketika sambungan rantai pertandaan terputus, maka akan dihasilkan ungkapan skizofrenia, dalam bentuk serangkaian penanda yang tidak berkaitan satu sama lainnya.

Postcomended   18 Mei dalam Sejarah: St Helens Meletus, Terparah dalam Sejarah Amerika

Media sosial adalah kumpulan lalu lintas teks yang entah darimana datangnya. Semuanya datang begitu saja dan sulit melacak asal-usulnya. Apa dan siapa, seperti apa dan bagaimana, semuanya sulit ditelusuri bagaikan kisah hantu di dunia nyata. Meskipun, dalam menggunakan media sosial kita bisa dengan melandaskan diri pada asumsi bahwa “teks sudah mati”, yaitu ketika sebuah teks berpotensi besar ditafsirkan berbeda dengan maksud penulisnya. Tetap saja, kita adalah konsumen teks yang beresiko menelan mentah-mentah racun informasi yang kita sangkakan adalah fakta sosial.

Postcomended   SINERGI KUAT GUNA MELINDUNGI HAK PEREMPUAN

Kewaspadaan kita menggunakan media sosial adalah dengan melakukan sikap kritis. Sikap kritis sendiri seringkali dimaknai secara dangkal ketika hanya berkaitan dengan sikap menentang, menolak, atau melawan. Kekeliruan pemaknaan inilah yang kemudian membawa istilah “kritis” pada kesembronoan ilmu, yaitu menggunakan ilmu tanpa memahami akar keilmuan tersebut, asal muasalnya, hingga bagaimana menggunakannya dalam kerangka keilmuan yang tepat sasaran. Menolak atau melawan hanyalah kemungkinan hasil dari sikap kritis, juga ada kemungkinan lainnya yaitu justru mendukung atau memilih abstain.

Share the knowledge