BlazePress

Satu “anomali sonar” yang aneh di lepas pantai Carolina Utara, telah membuat para penjelajah National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) bertanya-tanya pada Rabu (28/6/2018). NOAA mengaku belum mencabut rasa tegang yang muncul terkait area tersebut, mengingat lokasi tersebut merupakan kuburan Atlantik.Oleh kru di atas kapal Okoria Explorer NOAA, situs ini disebut “Big Dipper Anomaly”. Untuk mengekplorasi lebih jauh, badan ilmiah Amerika Serikat yang berfokus pada kondisi samudera dan atmosfer tersebut, meluncurkan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh di area tersebut pada pukul delapam pagi, Rabu.

Menurut laporan stasiun TV WTKR di Virginia, AS, para ahli percaya anomali itu boleh jadi merupakan kapal karam, tetapi condong ke arah “formasi geologi dengan komunitas biologis dan puing-puing lainnya” di kemudian hari, Pembukuan resmi atas temuan mereka belum dirilis.
Lokasi Dirahasiakan

Ekspedisi Okeanos Explorer ditetapkan pada akhir Mei lalu untuk mengumpulkan data tentang “wilayah perairan dalam yang tidak diketahui dan kurang dipahami di Amerika Serikat Tenggara itu”.
“Tim akan bekerja bersama untuk memetakan dasar laut dan mengamati banyak situs-situs ini untuk pertama kalinya,” kata NOAA di situs Okeanos Explorer.

Postcomended   Ada Potensi Triliunan Rupiah dari Menambang Limbah Elektronik

Daerah yang dieksplorasi adalah antara 820 dan 13.124 kaki ke bawah, termasuk dataran tinggi, pegunungan dan ngarai bawah laut lepas pantai North Carolina.
Kuburan Atlantik

Pantai Carolina Utara dikenal sebagai “Kuburan Atlantik” karena banyaknya kapal yang tenggelam di wilayah tersebut. Kapal-kapal itu mulai dari kapal bajak laut, peluncur blokade Perang Sipil, hingga kapal U-boat Jerman yang tenggelam selama Perang Dunia II.

Selama lebih dari 500 tahun, untaian pulau-pulau penghalang yang mengelilingi pantai Carolina Utara telah menjadi tempat peristirahatan bangkai-bangkai kapal di Samudera Atlantik yang tak terhitung jumlahnya. Kisah-kisah aneh tentang pembajakan, pembunuhan, dan bahkan kapal hantu, muncul dari sana.

Postcomended   4 Oktober dalam Sejarah: Wikileaks Didirikan di Bawah Kecemasan Sejumlah Negara

Geografi yang sangat luas di wilayah ini menyebabkan terjadinya bencana bahari dari segala macam arah. Arus Teluk diduga “membantu” mendorong kapal dari titik-titik utara dan selatan memasuki kawasan azab air ini.

Sampai hari ini, pantai Carolina Utara dikenal sebagai salah satu tempat paling berbahaya di dunia untuk berlayar, dan tempat dengan bangkai kapal paling banyak di mana pun di planet ini.(***/tribunenewsservice/ranker)

Share the knowledge