Internasional

Staf PBB Asal Indonesia Jadi Korban Tewas Ethiopian Airlines, Pilot India: Max 8 Cacat!

Share the knowledge

Sehari setelah kecelakaan, Ethiophian Airlines meng-grounded semua pesawat Boeig 737 Max 8-nya (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=8AqMPNTj5KQ)

Sehari setelah kecelakaan, Ethiophian Airlines meng-grounded semua pesawat Boeig 737 Max 8-nya (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=8AqMPNTj5KQ)


Seorang wanita Indonesia yang tinggal di Roma, Italia, turut berada di antara 157 orang yang menjadi korban tewas jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines. Wanita ini merupakan staf Program Pangan Dunia PBB. Pesawat disebut sejenis dengan Lion Air yang jatuh di Karawang tahun lalu. Seorang pilot menyebutkan, Max 8 cacat!

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nasir, mengonfirmasi kabar ini, Senin (11/3/2019). Dikatakan Arrmanatha bahwa wanita ini tinggal di Roma, Italia. Pihak PBB mengatakan, dia adalah satu dari 19 staf PBB yang ada di dalam pesawat itu.

Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, sebelumnya mengatakan bahwa dia telah bertemu keluarga korban asa Indonesia ini di Roma untuk menyatakan turut berbelasungkawa.

Pesawat Ethiopian Airlines Boeing 737 penerbangan 302 jatuh ke daratan sesaat setelah lepas landas. Jenis pesawat yang jatuh ini dilaporkan sama dengan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh ke perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober tahun lalu, yakni Boeing 737 Max 8.

Postcomended   Anak-anak Sudan Mati dalam Eksekusi yang Disetujui Negara

Dilaporkan bahwa pesawat dari Bandara Bole di Addis Ababa, Ethiopia, pukul 8:38 waktu setempat, sebelum kehilangan kontak dengan menara kontrol hanya sekitar enam menit kemudian. Menurut keterangan maskapai tersebut, korban tewas berikut 7 awak dan satu petugas keamanan, berasal dari 35 negara, terbanyak dari Kenya.

Staf PBB Berbagai Program

PBB mengonfirmasi bahwa 19 anggota stafnya termasuk di antara mereka yang tewas dalam kecelakaan itu. New York Times melaporkan, di dalam pesawat tersebut ada staf Program Pangan Dunia, Kantor Komisaris Tinggi untuk Pengungsi, Serikat Telekomunikasi Internasional, Organisasi Pangan dan Pertanian, Organisasi Internasional untuk Migrasi di Sudan Selatan, Bank Dunia, Misi Bantuan PBB di Somalia, dan Kantor PBB Nairobi.

Menurut sumber-sumber baik daripihak maskapai, pejabat, dan situs-situs berita, mereka yang tewas termasuk setidaknya 32 warga Kenya; 18 orang Kanada; masing-masing sembilan dari Ethiopia dan Prancis; masing-masing delapan dari Amerika Serikat, Cina, dan Italia; dan tujuh dari Inggris.

Postcomended   Rencana Full Day School Dibatalkan

Keberadaan para staf PBB dalam penerbangan terkait dengan akan digelarnya sidang Majelis Lingkungan PBB sehari sebelum. Majelis Lingkungan PBB digambarkan sebagai badan pembuat keputusan tingkat tertinggi di dunia mengenai lingkungan. Di sisi lain, Addis Ababa dan Nairobi memang merupakan rumah bagi kantor PBB.

Cina Meng-grounded Max 8

Menyusul kecelakaan tersebut, tekanan pada Boeing Co. kembali meningkat. Setelah Cina memutuskan meng-grounded semua penerbangan jet 737 terbaru pembuat pesawat Amerika Serikat (AS) ini. Saham Boeing pun jatuh pada awal perdagangannya di AS, Bloomberg melaporkan Senin (11/3/2019).

Sehari setelah insiden Ethiopian Airlines Penerbangan 302 itu, maskapai terbesar Afrika itu juga memutuskan untuk tidak menggunakan Boeing 737 Max 8 dulu sampai pemberitahuan lebih lanjut. Cina memerintahkan ke-96 pesawat-pesawatnya untuk didaratkan semua pada pukul 6 malam waktu lokal.

Di tempat lain, regulator keselamatan udara Indonesia mengatakan sedang mendiskusikan kemungkinan untuk meng-grounded juga pesawat-pesawat Boeing-nya, dan Korea Selatan memulai inspeksi khusus terhadap pesawat-pesawatnya juga.

Postcomended   Indonesia Nomor Wahid Gunakan Fitur "Stories" di Instagram

Terkait hal ini, Mohan Ranganathan, mantan pilot komersial dan konsultan keselamatan penerbangan yang berbasis di kota Chennai, India selatan, mengatakan, desain B737 Max sangat cacat. “Ada kesamaan yang pasti antara Lion Air dan Ethiopian Airlines Max yang jatuh,” katanya.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top