Internasional

Studi “Below the Canopy” WWF Ungkap Populasi Hewan Hutan Turun Drastis

Share the knowledge

WWF mengumumkan, populasi global vertebrata (hewan bertulang belakang) penghuni hutan telah anjlok dalam periode antara 1970 dan 2014. (gambar dari: https://www.wwf.org.uk/updates/wwf-work-trillion-trees-initiative)

WWF mengumumkan, populasi global vertebrata (hewan bertulang belakang) penghuni hutan telah anjlok dalam periode antara 1970 dan 2014. (gambar dari: https://www.wwf.org.uk/updates/wwf-work-trillion-trees-initiative)

WWF menyebutkan, kondisi kehidupan hewan hutan telah memburuk selama 40 tahun terakhir ke titik di mana populasi vertebrata telah menurun lebih dari setengahnya. Organisasi ini mendorong dideklarasikannya “darurat hutan global”.

Populasi global vertebrata (hewan betulang belakang) penghuni hutan telah anjlok dalam periode antara 1970 dan 2014, menurut sebuah studi yang diterbitkan Selasa (13/8/2019) oleh organisasi World Wide Fund for Nature (WWF) di Berlin. Hutan hujan di Amerika Selatan dan Afrika disebut sebagai yang paling terpengaruh.

Dilansir laman Deutschewelle, studi berjudul “Below The Canopy” tersebut melacak perkembangan 268 spesies vertebrata dan 455 populasi di hutan di seluruh dunia. Ditemukan bahwa jumlah burung, mamalia, amfibi, dan reptil telah turun rata-rata 53% sejak 1970.

Sehubungan dengan angka-angka ini, WWF meminta komunitas internasional untuk mendeklarasikan “darurat hutan global” dan mulai mengambil langkah untuk membalikkan tren dengan mengadopsi kebijakan kehutanan berkelanjutan dan memulai proses pemulihan habitat hutan yang hilang.

Postcomended   Jet Mitsubishi Mulai Pede Bersaing di Tengah Dominasi Boeing dan Airbus

Deforestasi dan degradasi hutan dianggap bertanggung jawab atas lebih dari 60% penurunan populasi, menurut penelitian ini.

Dampaknya pada Perubahan Iklim

Peneliti WWF menekankan bahwa beragam spesies hewan sangat penting bagi ekosistem hutan. Menurut penelitian, penurunan vertebrata hutan memiliki konsekuensi serius bagi integritas hutan dan perubahan iklim, karena peran spesies vertebrata tertentu dalam regenerasi hutan dan penyimpanan karbon.

Fungsi penting lainnya untuk ekosistem hutan yang dilakukan oleh hewan termasuk penyerbukan dan penyebaran benih. “Hutan adalah sekutu alami terbesar kita dalam perang melawan pemanasan global,” kata Susanne Winter, direktur program di WWF Jerman.

“Jika kita ingin membalikkan penurunan keanekaragaman hayati di seluruh dunia dan mencegah krisis iklim, kita perlu melindungi hutan dan spesies yang hidup di sana.” Musim dingin menunjukkan bahwa hewan dan hutan hidup dalam simbiosis, dan jika spesies tertentu berkurang, flora akan mulai menderita.

Postcomended   Dua Planet Serupa Bumi Ditemukan Tak Jauh di Tata Surya Tetangga

“Hutan bergantung pada dunia hewan yang utuh untuk melakukan fungsi-fungsi penting bagi kehidupan,” kata Winter. “Tanpa hewan, hutan lebih sulit menyerap karbon, karena spesies pohon yang penting untuk melindungi iklim bisa hilang tanpa hewan.”‘

Melibatkan Warga

Namun hilangnya habitat bukan satu-satunya ancaman yang dihadapi hewan hutan dunia. Menurut peneliti WWF, eksploitasi berlebihan, spesies invasif, perubahan iklim, dan penyakit, juga merupakan faktor yang membahayakan tingkat populasi. Dan sementara degradasi hutan diidentifikasi sebagai pendorong utama hilangnya populasi, memulihkan hutan saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Untuk meningkatkan populasi hewan, WWF mengatakan masyarakat setempat harus dilibatkan untuk mengatasi eksploitasi berlebihan terhadap satwa liar, dan menangani spesies invasif untuk mengatasi berbagai tekanan pada spesies hutan.

Studi ini menunjukkan bahwa tindakan konservasi telah mengembalikan populasi gorila di Afrika Tengah dan Timur, serta monyet capuchin di Kosta Rika. “Kisah sukses menunjukkan bahwa dengan strategi konservasi yang tepat, populasi vertebrata hutan dapat pulih,” kata laporan itu.***

Postcomended   26 Oktober dalam Sejarah: WHO Tetapkan Daging Olahan Penyebab Kanker!

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top