Lifestyle

Studi Harvard: Gaya Hidup Ini Paling Penting Jika Ingin Berumur Panjang

Wanita mungkin telah memimpin grafik harapan hidup selama beberapa dekade, tetapi kesenjangannya sudah dekat (kredit: Alamy via The Telegraph)

Wanita mungkin telah memimpin grafik harapan hidup selama beberapa dekade, tetapi kesenjangannya sudah dekat (kredit: Alamy via The Telegraph)

Para peneliti di Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS), menunjukkan lima gaya hidup yang mungkin menjadi kunci untuk memperpanjang harapan hidup lebih dari 10 tahun. Di antara lima itu, salah satunya sangat signifikan untuk meningkatkan Panjang usia manusia. Apakah itu?

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Circulation itu menyebutkan lima perilaku yang terkait dengan kehidupan yang secara signifikan akan lebih mempanjang hidup yakni: tidak merokok, menjaga Body Mass Index (BMI) yang sehat, menghindari konsumsi alkohol berlebih, olahraga sedang hingga kuat, dan menjaga pola makan sehat.

Kelima kebiasaan sehat itu oleh para peneliti, seperti dilaporkan laman Fortune, dikaitkan dengan 12,2 tahun kehidupan yang lebih panjang untuk pria dan 14 tahun harapan hidup yang lebih panjang bagi wanita.

Postcomended   Hacker Retas dan Unggah Foto-foto Bugil Anne Hathaway dan Suami

Dari semua perilaku ini, bagaimanapun, menghindari merokok dan produk tembakau telah terbukti berkali-kali menjadi cara paling efektif untuk hidup lebih lama; atau setidaknya menghindari kematian pada usia dini yang tidak perlu.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS menjelaskan dengan tepat mengapa rokok dan tembakau. “Merokok menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes, dan penyakit paru obstruktif kronis, yang termasuk emfisema dan bronkitis kronis,” tulis peneliti tersebut.

Mengambil contoh di AS, ada 16 juta orang Amerika yang tampaknya paling brisiko mengidap penyakit yang disebabkan oleh rokok. Ini belum termasuk jika rokok memengaruhi perokok pasif. Penyakit-penyakit yang berpotensi muncul terkait roko dan tembakau antara lain: penyakit jantung (pembunuh nomor satu di AS), kanker (pembunuh nomor dua di AS), dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (COPD/pembunuh nomor tiga AS).

Postcomended   Seorang Jurnalis Hilang, Miliarder AS Ini Mundur dari Investasi Triliunan di Arab Saudi

Itu adalah alasan yang mungkin mengapa kriteria dalam studi ini termasuk menghindari merokok sama sekali. Sementara asosiasi lain seputar diet dan olahraga juga menunjukkan hubungan yang kuat dengan harapan hidup yang lebih panjang dan hidup yang lebih sehat, menghindari merokok tetap merupakan cara paling ampuh untuk mencegah kematian dini dan memperpanjang hidup, menurut beberapa analisis skala besar.

Menurut penelitian Max Planck Institute for Demographic Research in Germany, seperti dilansir laman Express, penelitian menunjukkan pria yang tidak kelebihan berat badan, tidak pernah merokok dan “minum” secukupnya, ditemukan hidup rata-rata 11 tahun lebih lama daripada pria (12 tahun untuk wanita) yang kelebihan berat badan, merokok, dan “minum” berlebihan.***

Postcomended   6000-an Lagi Produk Cina Bakal Ditarif oleh Trump, Termasuk Kasur dan Bir

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top