Mahathir Mohamad: Ex-Malaysia PM, 92, to run for office - BBC News BBC Former Malaysian PM Mahathir Mohamad in Putrajaya, Malaysia, on 30 March 2017

Mahathir Mohamad: Ex-Malaysia PM, 92, to run for office – BBC News BBC Former Malaysian PM Mahathir Mohamad in Putrajaya, Malaysia, on 30 March 2017

Penting bagi kita mengetahui kecenderungan negeri jiran dalam mengagumi seseorang. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh satu perusahaan riset Inggris, YouGov, orang Malaysia masih sangat mengagumi Mahathir Mohamad. Mantan Perdana Menteri Malaysia ini berada di nomor wahid “Orang Paling Dikagumi” di sana.

Pria yang kini berusia 92 tahun ini mendapatkan reputasi skor 15,0% pada survei, jauh di depan miliarder pendiri Microsoft, Bill Gates, yang hanya mencetak 8,30% di tempat kedua. Gates (62), berada di peringkat nomor satu tokoh global pria di daftar tersebut, bersama aktris Angelina Jolie (42), yang menduduki daftar wanita.

Penyanyi Siti Nurhaliza (39), menduduki puncak daftar untuk tokoh wanita paling dikagumi dengan skor pujian 14,10%. Di tempat kedua adalah Siti Hasmah Mohamad Ali (91), istri Mahathir, dengan skor 10,10%.

Postcomended   Semula Dikira Kosong, Tapi Ternyata Sarkofagus Ini Ada Muminya

Dan meskipun mengalami kontroversi bisnis baru-baru ini, aktris dan pengusaha 29 tahun, Neelofa, meraih tempat ketiga dengan skor 7,40%. Istri Perdana Menteri Najib Razak, Rosmah Mansor (66) berada di peringkat ke-25, dengan skor 1,0%. Orang Malaysia lainnya yang masuk daftar wanita paling dikagumi di Malaysia Antara lain Michelle Yeoh, Vivy Yusof, dan Fazura.

Selain Mahathir, politisi laki-laki terkemuka lainnya, Anwar Ibrahim (5,30%, peringkat 8) dan Najib Razak (2,50%, peringkat 15) juga masuk di dalam daftar pria.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes (53), menduduki peringkat keempat dengan 7,10%, namun kalah dari bintang aksi Hong Kong, Jackie Chan, yang berada di posisi ketiga di daftar pria global.

Postcomended   Menjaga Keunikan Leuser

Studi YouGov yang ilakukan secara online, memeringkat tokoh publik yang dicari di 35 negara. Gates menduduki daftar teratas setiap tahun, sementara Jolie menduduki posisi teratas dalam daftar wanita sejak kategori ini diperkenalkan pada 2015.

Daftar wanita global untuk 2018 didominasi oleh 14 entertainer, sedangkan daftar pria didominasi mereka yang berlatar belakang politik, bisnis, dan olahraga.

Mantan presiden AS, Barack Obama, dan istrinya, Michelle, keduanya menempati peringkat kedua dalam daftar mereka masing-masing. Sebaliknya, presiden saat ini Donald Trump peringkat lebih rendah di tempat ke-17.

Meskipun ia bukan presiden lagi, popularitas Obama yang berusia 56 tahun belum menurun bahkan secara internasional. Presiden AS ke-44 ini menduduki peringkat pertama di 19 negara, dan kedua di lima negara.

Postcomended   Daftar Pemenang Emmy Awards 2017: Nama-nama Lama Hollywood Bermunculan

Peringkat terendahnya, yakni di posisi ke-12, terdaftar di hasil survei di Rusia. Presiden AS, Donald Trump, mengungguli Obama satu tingkat yakni di urutan ke-11.(***/businessinsider)

Share the knowledge