Singapura bagai negeri yang kekurangan panutan. Hasil survei internet lembaga asal Ingris, YouGove, menunjukkan, hampir 98% orang yang paling dikagumi warga Singapura 2018, adalah tokoh global. Di daftar tersebut, nama-nama lokal yang muncul mudah dihitung, antara lain Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dan Presiden Singapura wanita pertama, Halimah Jacob. Di peringkat satu baik pria maupun wanita, diduduki Barrack Obama dan istrinya Michelle.

Dalam daftar itu, mantan Presiden AS tersebut mendapat skor 12,7%, sedangkan Michelle Obama 11,7%. Sementara itu, tokoh lokal nyaris tak mendapat tempat. Lee Hsien Loong (66) pun hanya menduduki peringkat ke-8, satu-satunya orang Singapura dalam daftar pria, dengan skor kekaguman 4.10%.

Pada daftar perempuan, Presiden Halimah Yacob (63), juga satu-satunya orang Singapura yang masuk daftar. Dia menempati peringkat ke-12 dengan skor 2,90%.

Postcomended   Jadi Begini Kata Para Ulama Tentang Anies Baswedan

YouGov menyusun peringkat figur publik di 35 negara di seluruh dunia. Anehnya, Indonesia dilewatkan. Secara global, boss Microsoft, Bill Gates berkecenderungan menempati posisi pertama, disusul Barrack Obama. Sedangkan untuk wanita ditempati Angelina Jolie dan Michelle Obama.

Bahkan, Obama menduduki peringkat pertama di 19 negara, dan kedua di lima negara. Peringkat terendah Obama, yakni di posisi ke-12, terdaftar di Rusia, di mana Presiden AS, Donald Trump (71), mengungguli Obama satu peringkat di atas, yakni ke-11. Namun secara global, Trump umumnya selalu berada di peringkat terbawah.(***/businessinsider)

Share the knowledge