The summer solstice is Monday: A short guide to the longest day of ... Pinterest236 × 249Search by image 200 years ago, we endured a 'year without a summer'

The summer solstice is Monday: A short guide to the longest day of … Pinterest236 × 249Search by image 200 years ago, we endured a ‘year without a summer’

Juni 2017, tepatnya pada hari ke-21, Bumi mengalami summer solstice. Fenomena ini membuat Bumi bagian utara mengalami siang terpanjang.

Di Inggris, warga harus mengalami siang (hari) selama 16 jam 38 menit. Matahari terbit  pada 4:43 pagi, dan tenggelam pada 9:31 malam.

Jika dibedakan dengan winter solstice yang akan jatuh pada 21 December, siang di London hanya akan berlangsung 8 jam 49 menit, dengan matahari akan tenggelam pada 16:27 sore.

Kejadian ini bertepatan dengan sekitar seminggu terakhir bulan Ramadan. Muslim yang ada di Inggris dan di negeri Eropa lainnya yang sedang berpuasa, tentu harus lebih banyak bersabar.

Postcomended   Kalahkan Ribuan Pesaing, Harry Styles Dapat Peran di Dunkirk

Pada saat Summer Solstice, Matahari akan berada pada posisi terjauhnya di atas khatulistiwa yakni lintang 23º 27’ LU.

Titik Summer Solstice atau diterjemahkan sebagai “titik balik musim panas”, merupakan titik paling utara yang dicapai Matahari dalam gerak tahunannya antara 23 September – 21 Juni ketika Matahari bergeser ke arah utara.

Dengan begitu, summer solstice akan menandai dimulainya musim panas di utara dan musim dingin di selatan. (http://langitselatan.com/2011/06/21/summer-solstice-21-juni-2011/).

Di Indonesia, summer solstice nyaris tak akan terasa. Matahari terbit sekitar 06:00, dan tenggelam sekitar 18.00. Itu karena wilayah Indonesia ada di garis khatulistiwa dengan posisi matahari di sekitaran 6ºLU – 11ºLS.

Postcomended   Perang Narkoba Duterte: Warga Jadi "Pembunuh Bayaran" Demi 5,5 Juta

Di sejumlah negara, summer solstice dirayakan atau dijadikan patokan untuk memulai sesuatu. Warga Inggris, khususnya penganut paganisme, rutin merayakannya di situs Stonehenge. Mereka menunggu terbitnya mentari “terpanjang” itu di sana.

Di Polandia ada perayaan bernama Wianki, sejenis dengan yang digelar di Inggris.

Rusia dan Ukraina merayakannya denganq tradisi melompati bara api untuk mengetes keberanian sekaligus juga untuk merayakan keyakinan religius mereka.

Sementara itu Estonia mengaitkan summer solstice sebagai penanda musim pertanian.***(ra)

Postcomended   Eropa Terancam Kehilangan Konsep Ayah, Ibu, Suami, dan Istri

 

Share the knowledge