Tak Perlu Obat, Atasi Flu dengan Sup Ayam Hangat - Health Liputan6.com Health Liputan6.com640 × 360Search by image Ilustrasi Sup Ayam

Tak Perlu Obat, Atasi Flu dengan Sup Ayam Hangat – Health Liputan6.com Health Liputan6.com640 × 360Search by image Ilustrasi Sup Ayam

Memanjakan diri dengan semangkuk sup ayam adalah obat terbaik untuk meredakan pilek. Sebuah studi menemukan bahwa sup ayam bisa meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas karena mengandung zat anti-inflamasi (anti radang). Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa aroma rempah-rempah dan panas dari sup, dapat menghilangkan kemacetan di saluran napas akibat flu. Dan manfaat ini juga bisa didapat dari sup kalengan.

Seorang peneliti dari Universitaa Nebraska, Amerika Serikat (AS) melibatkan sup resep neneknya ke dalam tes untuk mengetahui apakah mitos itu benar adanya. Manfaat yang dicurigai dari sup ayam berasal dari abad ke-2 ketika dokter dan filsuf Yahudi Mesir, Moshe ben Maimon, merekomendasikan sup ayam untuk gejala pilek dalam tulisannya di abad ke-12.

Sejak saat itu, resep untuk kaldu hangat telah diturunkan selama beberapa generasi yang dikelilingi oleh desas-desus tentang kemampuannya melawan flu. Dr Stephen Rennard mempelajari kandungan dari apa yang dia sebut Sup Nenek, yang termasuk ayam, bawang merah, ubi jalar, wortel, lobak, wortel, batang seledri, peterseli, garam, dan merica.

Dia memeriksa apakah pergerakan neutrofil, sel putih paling umum dalam darah yang mempertahankan tubuh terhadap infeksi, akan diblokir atau dikurangi dengan sup ayam. Diduga bahwa mengurangi pergerakan neutrofil dapat menurunkan aktivitas pada saluran pernapasan bagian atas yang menyebabkan gejala mirip flu.

Hasilnya menunjukkan bahwa sup ayam mungkin memiliki komponen anti-inflamasi, yang dapat mengurangi gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan bagian atas. Namun, penelitian ini tidak dilakukan pada manusia, melainkan pada sel darah putih mereka.

Rennard menambahkan bahwa adanya perasaan nyaman secara psikologis dan fisik juga memberi efek plasebo. Plasebo adalah pengobatan bersifat sugesti, kadang berupa “obat” yang tak berdampak apa-apa, yang bertujuan mengontrol efek dari pengharapan.

Studi lain yang dilakukan hampir 40 tahun yang lalu menemukan bahwa aroma, panas dan rempah sup ayam dapat membantu membersihkan sinus dan kemacetan dengan memecah lendir dan membuka saluran udara.

9 Cara Alami Mengusir Flu Dalam 24 Jam Lifestyle - Bisnis Indonesia246 × 164Search by image Dalam 3 Hari, Sayuran Ini Bisa Redakan Flu

9 Cara Alami Mengusir Flu Dalam 24 Jam Lifestyle – Bisnis Indonesia246 × 164Search by image Dalam 3 Hari, Sayuran Ini Bisa Redakan Flu

Dokter rumah sakit Florida, Gail van Diepen, mengatakan kepada Daily Mail Online: meningkatkan asupan cairan, adalah penting saat seaeorang mengalami pilek. Hal ini disebabkan pelepasan cairan dari hidung yang meler atau keringat yang menyebabkan dehidrasi.

So when you’re sick, your body needs to replace those lost fluids and a brothy soup can do just that, Dr van Diepen suggests.And though researchers were not 7able to identify the exact ingredients in the soup that made it fight colds, they theorize it may be a combination of ingredients that work together to have beneficial effects.

Jadi saat Anda sakit, tubuh Anda perlu mengganti cairan yang hilang itu, dan sup kaldu dapat melakukan hal itu, saran van Diepen. Dan meskipun peneliti tidak dapat mengidentifikasi bahan dalam sup dengan tepat yang membuatnya bisa melawan pilek, mereka berteori itu mungkin merupakan kombinasi ramuan yang bekerja sama untuk memiliki efek menguntungkan. “Sup bisa memperbaiki rehidrasi dan nutrisi dalam tubuh,” ujar Rennard.

Kebanyakan sup termasuk ramuan yang memiliki nutrisi tinggi. Sup Nenek mengandung lebih dari lima sayuran yang mengandung serat, vitamin C dan antioksidan tinggi.

Menghirup sup dari seluruh mangkuk dapat memberi dosis nutrisi harian yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan gejala flu. Tak harus buatan sendiri untuk memiliki efek melawan flu, banyak sup yang dibeli di toko termasuk kalengan, memiliki efek penghambatan yang sama, kata Dr Rennard.

20 Mitos Tentang Medis dan Kesehatan - Melihat Misteri Melihat Misteri630 × 378Search by image Vaksin bisa menyebabkan flu (dan autisme).

20 Mitos Tentang Medis dan Kesehatan – Melihat Misteri Melihat Misteri630 × 378Search by image Vaksin bisa menyebabkan flu (dan autisme).

Share the knowledge